Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kelompok Tani di Kecamatan Wonomerto Terima Bantuan Alsintan

Kelompok Tani di Kecamatan Wonomerto Terima Bantuan Alsintan

Reporter ; Mujiono
WONOMERTO – Kelompok Tani (Poktan) yang ada di wilayah Kecamatan Wonomerto mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Selasa (29/12/2020).

Penyerahan bantuan alsintan yang dipusatkan di halaman kediaman Kepala Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Nantu Hermanto ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Wonomerto Sofyan beserta Forkopimka Wonomerto, para kelompok tani, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto.

Bantuan alsintan tersebut diantaranya mesin perontok jagung diterima oleh Masyudi, salah satu anggota Gapoktan Desa Tunggak Cerme, mesin pengangkat air (pompa) diterima Jimat Liyanto dari Poktan Sumber Tani Desa Tunggak Cerme, mesin perontok jagung untuk Desa Kedungsupit yang diterima oleh Ketua MWCNU Kecamatan Wonomerto Kiai Ahmad Jufri dan mesin pengangkat air (pompa 4 dim) diterima oleh Asik dari Desa Pohsangit Lor Kecamatan Wonomerto.

Selanjutnya, diserahkan pula bantuan bibit pertanian berupa bibit padi dan bibit cabe merah besar untuk lahan seluas 10 hektare. Bantuan bibit tersebut diterima oleh Khori Sugeng, perwakilan Kelompok Tani Hidup Tani 1 Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si berpesan kepada kelompok tani bahwasannya bantuan alsintan ini nantinya dapat dikelola dan digunakan dengan baik. Sementara bantuan bibit merupakan program pertanian yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian, khususnya di Kecamatan Wonomerto.

“Dengan bantuan bibit ini diharapkan hasil pertanian untuk komoditas padi dan jagung nantinya lebih meningkat. Kalau hasil pertaniannya meningkat, maka dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, terutama di Kecamatan Wonomerto,” harapnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di Desa Banjarsawah Kecamatan Tegalsiwalan, Minggu (27/12/2020). Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan alsintan dan bibit pertanian kepada para kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Tegalsiwalan. (y0n)