Sunday, June 13, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kehadiran Pramuka Untuk Berikan Motivasi Masyarakat

Kehadiran Pramuka Untuk Berikan Motivasi Masyarakat

Reporter : Hendra Trisianto
KOTAANYAR – Salah satu isi Satya Pramuka adalah ikut serta membangun masyarakat dan turut serta mendukung dan mensukseskan program Pemerintah Daerah. Hal ini dibuktikan melalui program-program kepramukaan yang selama ini acapkali membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dalam pembangunan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo usai menutup kegiatan Wirakarya Cabang Probolinggo Tahun 2020, Selasa (24/11/2020) di Dusun Alaskembang Desa Tambakukir Kecamatan Kotaanyar.

Kak Timbul Prihanjoko mengemukakan bahwa pada tahun anggaran 2021 mendatang, Pemkab Probolinggo sedang berencana untuk membangun desa di wilayah tenggara ini dari berbagai potensi yang ada. Salah satunya adalah sektor pariwisata panorama alam “Bukit Watu Geligir”.

Untuk mendukung hal tersebut, selama dua hari pihaknya mendampingi langsung adik-adik Pramuka guna melaksanakan bakti sosial sekaligus untuk membuka potensi wisata. Bakti sosial diarahkan kepada pengecatan lingkungan, pelebaran akses wisata dan pembangunan toilet.

“Kehadiran adik-adik Pramuka disini sifatnya adalah untuk mengawali dan memberikan motivasi kepada masyarakat. Selanjutnya adalah tergantung peran warga disini. Sarana transportasi masih kurang, sementara jalur menuju spot wisata cukup terjal sehingga membutuhkan layanan transportasi berupa ojek khusus,” kata Kak Timbul Prihanjoko.

Lebih lanjut Kak Timbul Prihanjoko menuturkan agar destinasi wisata rintisan ini dapat lebih dikenal dan ramai dikunjungi, pihaknya juga akan lebih mengeksplor lagi dan membranding dengan memanfaatkan media sosial.

“Panoramanya sangat eksotis jika potensi ini terus diviralkan maka saya yakin secepatnya akan banyak wisatawan yang berkunjung. Masyarakat setempat sangat bersyukur atas adanya kegiatan Wirakarya ini. Dan hal ini adalah investasi tersendiri bagi adik-adik Pramuka, jika ikhlas dan ridho maka InsyaAllah ini bernilai ibadah,” tandasnya. (dra)

cww trust seal