Depan > Informasi Layak Anak > Keceriaan Temu Forum Anak di Lapangan Desa Jatiurip

Keceriaan Temu Forum Anak di Lapangan Desa Jatiurip

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Lapangan Desa Jatiurip Kecamatan Krejengan yang biasanya nampak lengang dan adem ayem, mendadak riuh akan suasana keceriaan anak-anak dengan segala aktifitas dan kreatifitasnya.

Keriuhan dan suasana ceria tersebut berasal dari panggung kreasi dari kegiatan Temu Forum Anak Desa (FAD) Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 yang bertajuk “Jambore Anak Sahabat Alam dan Gebyar Kreasi Anak”, Minggu (12/12/2021) pagi.

Kegiatan Temu Forum Anak Desa tersebut diikuti sekitar 200 orang yang berasal dari 16 FAD dan Gugus Tugas Desa Layak Anak (GTDLA) Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko sekaligus untuk meresmikan 8 (delapan) desa sebagai desa layak anak meliputi Pakuniran, Alasnyiur, Seboroh, Jatiurip, Sumberanyar, Sumberrejo, Pandean dan Rawan).

Turut mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko saat itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma serta diikuti oleh beberapa Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Nunung Timbul Prihanjoko mengatakan Temu Forum Anak ini digelar dengan maksud untuk mengembangkan wadah komunikasi dan silaturahmi serta kerja sama antar pengurus forum anak mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten.

Selain itu, tujuan digelarnya temu forum anak kabupaten yakni memperkenalkan penyusunan suara anak tingkat Kabupaten Probolinggo agar dapat didengar oleh pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainnya.

“Dengan keberadaan Forum Anak kami berharap juga dapat memberikan nilai-nilai positif untuk membina dan mengembangkan kreativitas dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik di masa yang akan datang,” katanya.

Lebih lanjut Nunung Timbul Prihanjoko berharap agar forum anak ini juga dapat meningkatkan kapasitas Forum Anak Desa se-kecamatan sebagai pelopor dan upaya pemenuhan hak anak di Kabupaten Probolinggo.

“Karena tujuan utama kegiatan ini adalah untuk merespons sekaligus mencegah berbagai isu yang sedang trend seperti pergaulan bebas, kenakalan remaja serta ekploitasi anak untuk bekerja. Insyaallah kedepannya hal ini akan difasilitasi dengan anggaran dan terintegrasi neraka program kerja instansi terkait,” tandasnya.

Sementara Ketua Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Provinsi Jawa Timur Anwar Sholihin sangat mengapresiasi Kabupaten Probolinggo yang telah membentuk Forum Anak Desa (FAD) Tingkat Kabupaten serta berkomitmen untuk mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi Forum Anak.

“Ke depannya kami juga berharap agar selalu mampu memberikan pendampingan dan pembinaan nilai-nilai positif serta pengembangan kreativitas dalam rangka berpartisipasi mewujudkan kehidupan anak yang lebih baik di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Acara temu forum anak di lapangan Desa Jatiurip ini diisi dengan penampilan-penampilan dari berbagai forum anak tingkat desa serta dilanjut dengan permainan yang dipandu langsung oleh pengurus Kampung Lali Gadget dari Sidoarjo. (dra)