Depan > Kemasyarakatan > KBL 2022, Puluhan Anggota Pramuka Bantu Masyarakat Gili Ketapang

KBL 2022, Puluhan Anggota Pramuka Bantu Masyarakat Gili Ketapang

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebanyak 20 orang anggota pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo yang tergabung dalam Pramuka Karya Bakti Lebaran Tahun 2022 membantu masyarakat Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih di Pelabuhan Penyebrangan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

Komandan Satgas Karya bakti Lebaran Tahun 2022 Kak Aries Setyawan mengungkapkan kegiatan ini difokuskan untuk membantu masyarakat Desa Gili Ketapang untuk persiapan Hari Raya Ketupat yang merupakan tradisi 7 hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. Sehingga masyarakat Desa Gili Ketapang banyak yang akan berbelanja bahan pokok menuju Kota Probolinggo.

“Kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pramuka Kwarcab probolinggo yang tergabung dalam Kegiatan Karya Bakti Lebaran Tahun 2022 ini adalah membantu mayarakat Desa Gili Ketapang yang akan menyebrang menuju daratan Probolinggo dengan membawa barang bawaan dan belanja serta membantu anak-anak yang akan naik ke kapal,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Edy Junaedi mengatakan tradisi Hari raya Ketupat ini merupakan tradisi turun temurun yang ada di Desa Gili Ketapang. Diantaranya membuat ketupat yang tujuannya dijadikan sedekah untuk diantar ke tetangga maupun sanak famili, saling silaturahmi atau anjang sana ke sanak saudara baik di Pulau Gili Ketapang sendiri maupun menyebrang ke daratan Probolinggo.

“Inilah saatnya Pramuka menunjukkan pengabdiannya kepada masyarakat. Terutama dalam membantu masyarakat Desa Gili Ketapang yang akan merayakan Hari Raya Ketupat dengan berbelanja bahan pokok,” katanya. (wan)