Thursday, October 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Karang Taruna Desa Kedungsupit Berikan Pelatihan Jahe Instan

Karang Taruna Desa Kedungsupit Berikan Pelatihan Jahe Instan

Reporter : Syamsul Akbar
WONOMERTO – Sebagai tindaklanjut dari pelatihan aneka olahan rimpang jahe yang digelar oleh Komisi IV DPR RI bersama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Malang Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Karang Taruna KDS Gemilang Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto menggelar pelatihan pembuatan jahe instan, Sabtu (6/3/2021).

Pelatihan yang digelar di Balai Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto ini diikuti oleh 40 orang peserta dari pengurus dan anggota karang taruna desa setempat. Mereka dibimbing oleh Koordinator Bidang Pengembangan Ekonomi Skala Kecil dan Koperasi Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Endang

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili dan sejumlah pengurus serta Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto.

Ketua Karang Taruna KDS Gemilang Desa Kedungsupit Zainal Arifin mengungkapkan pelatihan pembuatan jahe instan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Harapan kami adalah agar masyarakat bisa kreatif, inovatif dan mandiri dalam menjalani perekonomian di masa pandemi seperti saat ini. Mungkin dengan pelatihan ini mereka semua dapat mengemasnya secara menarik dan bisa memasarkan sehingga dari hasil ini dapat menambah ekonomi bagi keluarga,” katanya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili mengatakan pelatihan jahe instan yang dilakukan oleh Karang Taruna KDS Gemilang Desa Kedungsupit Kecamatan Wonomerto ini merupakan tindaklnjut dari pelatihan aneka olahan rimpang jahe yang diberikan oleh Komisi IV DPR RI dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Kementerian Pertanian RI.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih karena karang taruna diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini, sehingga bisa menambah ilmu dan pengetahuan rekan-rekan karang taruna untuk bisa ditindaklanjuti dan harapannya akan menjadi salah satu keahlian baru bagi kami dibidang olahan pangan dan semoga bisa berkembang sehingga karang taruna bisa mandiri secara finansial,” harapnya. (wan)