Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Karang Taruna dan GP Ansor Sinergikan Program Tahun 2021

Karang Taruna dan GP Ansor Sinergikan Program Tahun 2021

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Karang Taruna Kabupaten Probolinggo bersama Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk Forum Ta’aruf Sinergi Program Tahun 2021 di ruang pertemuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/1/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terdiri dari Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo H. Munir bersama 9 orang pengurus dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili bersama 9 orang pengurus.

Forum ta’aruf sinergi program tahun 2021 ini merupakan sebuah wadah silaturahim lintas organisasi kepemudaan untuk melakukan kolaborasi atau sinergi kegiatan pemberdayaan sosial di tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut baik Karang Taruna Kabupaten Probolinggo maupun PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo mengawali kegiatan dengan saling memperkenalkan organisasi dan fokus program kegiatan yang sudah dilakukan selama ini di Kabupaten Probolinggo.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili menyampaikan bahwa karang taruna merupakan organisasi nasionalis yang lebih memprioritaskan kemanusiaan melalui peran serta pemuda.

“Program-program yang sudah dilakukan selama ini diantaranya Usaha Ekonomi Produktif (UEP) maupun kesejahteraan sosial atau PMKS yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Karang taruna berusaha hadir di saat masyarakat membutuhkan, tentunya disesuaikan dengan kemampuan yang kami miliki,” katanya.

Dalam menentukan sebuah program yang akan dilakukan jelas Yunita, terlebih dahulu karang taruna mencari isu terkini dan strategis yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat melalui keterlibatan para pemuda.

“Setiap tahun kami berusaha membuat program yang berbeda dari tahun sebelumnya dengan terlebih dahulu melihat isu terkini dan strategis. Disamping itu kami juga melihat masukan yang disampaikan oleh karang taruna yang ada di kecamatan maupun desa. Sehingga program tersebut benar-benar dibutuhkan masyarakat,” tegasnya.

Sementara Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo H Munir mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo yang telah menyambut baik upaya silaturahim dengan PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo.

“Semoga jalinan silaturahim ini bisa terus kita tingkatkan demi kolaborasi program kerja, khususnya yang akan dilakukan pada tahun 2021,” ungkapnya.

Munir menjelaskan program yang sudah dilakukan oleh GP Ansor Kabupaten Probolinggo fokus kepada kemandirian dan sosial.

“Untuk kemandirian meliputi ternak bebek, jamur dan cafe. Sementara untuk sosial dilakukan melalui kegiatan pengumpulan baju layak pakai, penggalanan dana dan pembersihan makam Islam,” pungkasnya. (wan)