Friday, December 3, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo Digembleng Hadapi MTQ XVIII Provinsi Jatim

Kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo Digembleng Hadapi MTQ XVIII Provinsi Jatim

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) memberikan pembinaan dan pelatihan ke-4 Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Probolinggo untuk menyongsong MTQ XVIII Provinsi Jawa Timur tahun 2019 di Tuban.

Kegiatan ini digelar di aula Taman Wisata Kampoeng Hati dan Pondok Pesantren Ghozaliyah Hasaniah Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, Jum’at dan Sabtu (27-28/9/2019). Pembinaan dan pelatihan yang dihadiri hakim juri nasional KH Fuad Hasan dan KH Faiz Abd Rozak, Pakar Hottot Kaligrafi Temporer ini diikuti oleh 46 orang peserta dari berbagai cabang.

Yakni, MTQ putra putri anak-anak, remaja dan dewasa, MHQ putra putri anak-anak, remaja dan dewasa 10 juz, 20 juz dan 30 juz, MSQ putra putri 1 regu berisikan 3 orang, MFQ putra putri 1 regu berisikan orang, Makalah Indonesia Inggris 1 regu putra putrid an Khottil Qur’an putra putri 1 regu.

Kabag Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan kafilah MTQ Kabupaten Probolinggo ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah bekal ilmu dan wawasan serta referensi tentang MTQ, khususnya yang akan berlaga di Tuban. Harapannya, pembinaan ini dapat memacu dan meningkatkan prestasi generasi muda, khususnya pengembangan di bidang tilawatil Quran,” katanya.

Selama pembinaan mereka dipandu oleh para kiai dan ulama dari Kabupaten Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur. Materi yang diberikan adalah tilawah hot hitobah dan ilmu Al Qur’an lainnya. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para peserta mempunyai bekal lahir batin tampil prima. Untuk hasil akhirnya tawakkal kepada Allah SWT,” harapnya.

Sebelum dan sesudah pembinaan tersebut mereka juga berkunjung ke makbaroh Habib Hamid Al Habsyi, KH Moh. Hasan Genggong dan KH Zaini Mun’im Paiton. Mereka akan berlaga pada MTQ XVIII di Tuban pada 24 Oktober 2019 mendatang. (wan)