Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Kabupaten Probolinggo Raih Juara 1 Lomba Fashion Show Evening Gown

Kabupaten Probolinggo Raih Juara 1 Lomba Fashion Show Evening Gown

Reporter : Syamsul Akbar
BOJONEGORO – Kabupaten Probolinggo berhasil meraih juara 1 Lomba Fashion Show Evening Gown dalam rangkaian Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (7/6/2024).

Dalam lomba Fashion Show Evening Gown ini, Kabupaten Probolinggo melalui sub sektor ekonomi kreatif Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Probolinggo menampilkan fashion batik dengan menceritakan kehidupan masyarakat Suku Tengger Bromo.

Dari penilaian dewan juri, batik karya dari Owner Batik Tulis Prabulinggih Satimin dari Desa Bulujaran Lor Kecamatan Tegalsiwalan ini lebih unggul dari batik-batik yang ditampilkan oleh daerah-daerah yang lainnya.

Plt Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Bambang Heriwahjudi mengharapkan dengan perolehan juara 1 ini ada keberkahan bagi semuanya mulai dari pengrajin batik, desainer, model hingga masyarakat.

“Alhamdulillah Kabupaten Probolinggo semakin terkenal. Terlebih juri-jurinya ini merupakan desainer nasional. Hal ini akan mengangkat batik Kabupaten Probolinggo. Sebagai juara 1 nantinya akan dipromosikan ke luar negeri manakala ada even-even internasional. Semoga menjadi keberkahan bagi kita semua,” ungkapnya.

Sementara Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengaku bersyukur karena karya anak bangsa yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa meraih prestasi juara 1 Fashion Show Evening Gown pada Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro.

“Ini merupakan produk dari pada BUS PATAS karya dari Bapak Pj Bupati Probolinggo. Dimana salah satunya adalah sinergitas antara OPD-OPD dengan melibatkan pelaku UMKM dan masyarakat,” katanya.

Menurut Taufik, ini merupakan momentum kebangkitan kembali gerakan cinta produk lokal Kabupaten Probolinggo. Bagaimana kembali menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Ini momentum sebagai kebangkitan kreativitas para pengrajin, desainer, IKM dan masyarakat lainnya.

“Mari kita kembangkan potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Pemerintah Daerah siap membantu, memfasilitasi, membina hingga mengarahkan mulai dari bimbingan produksi hingga marketing pemasarannya. Semoga ini akan memicu prestasi-prestasi lainnya yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)