Wednesday, April 21, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Jika Sakit, Segera Berobat ke Fasilitas Kesehatan

Jika Sakit, Segera Berobat ke Fasilitas Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mengakui bahwa masyarakat yang berada di pelosok desa tidak terlalu memahami apa itu Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Yang mereka tahu hanyalah Corona Virus Disease (COVID-19) dari siaran berita TV dan lain sebagainya.

“Kita memang tidak mempermasalahkan masyarakat harus paham apa itu ODP dan PDP. Tetapi yang pasti buat yang sakit segera berobat ke fasilitas yang ada. Kalau yang sehat, baik itu yang sudah selama ini tinggal di Kabupaten Probolinggo atau kerabat-kerabat yang baru datang pastikan mereka untuk diperiksa di pusat karantina check point,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto.

Terus yang lebih penting lagi jelas Anang, pihaknya menghimbau betul-betul kepada masyarakat untuk memakai masker, jangan keluar rumah kalau memang benar-benar sangat tidak penting serta jaga jarak dengan siapapun walaupun akrab, walaupun saudara maupun teman-teman akrab.

“Sekarang itu ayo jaga jarak masing-masing kalau berkomunikasi, mengobrol maupun ngopi. Karena kita tidak tahu, bisa-bisa teman kita, keluarga kita maupun saudara kita yang terdekat tiba-tiba besok terkontaminasi positif COVID-19,” jelasnya.

Hanya saja terang Anang, kalau sekarang masyarakat sudah menjaga jaga jarak, menjaga komunikasi, menggunakan masker dan sering cuci tangan, Insya Allah walaupun ada yang positif COVID-19 pasti tidak akan tertular. “Kita melakukan semua ini untuk ke depannya dan bukan untuk sekarang,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal