Depan > Kemasyarakatan > Jelang Pelantikan, Sarbumusi dan Wabup Timbul Beraudiensi

Jelang Pelantikan, Sarbumusi dan Wabup Timbul Beraudiensi

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Jelang pelantikan pengurus, DPC Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Probolinggo melakukan audiensi dengan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, Selasa (20/9/2022) di peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Achmad Arif dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

Audiensi ini dilakukan untuk menumbuhkan solidaritas antar pengurus, buruh dan stakeholder di Kabupaten Probolinggo. Selain itu, ingin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya advokasi perburuhan dalam meningkatkan perekonomian daerah serta memahami sinergi dan kolaborasi buruh, pengusaha pemerintah daerah dan mengetahui gerakan-gerakan buruh yang perlu dilakukan untuk membantu menopang pembangunan di daerah.

Ketua DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Babul Arifandhie mengungkapkan di Kabupaten Probolinggo yang notabene mayoritas warganya Nahdliyin, Sarbumusi sempat mewarnai gerakan perburuhan pada dekade 2000-an. “Namun dinamika politik dan ekspansi industri global, membuat gerakan Sarbumusi sempat meredup,” ujarnya.

Babul menerangkan gerakan Sarbumusi di Kabupaten Probolinggo mulai bangkit seiring dengan tumbuhnya kesadaran dalam menjaga nasib pekerja di wilayah yang dihuni 1,1 juta penduduk. Secara historis, Sarbumusi yang menjadi wadah bagi para buruh untuk bertukar pikiran satu sama lain dan membantu buruh menjembatani kesulitan individu untuk menyampaikan aspirasinya.

“Ini menjadi harapan kita bersama, re-born Sarbumusi di Kabupaten Probolinggo nantinya dapat membantu pemerintah daerah dalam menciptakan iklim industri yang kondusif, membantu peningkatan kesejahteraan buruh dan tentunya menjadi sosial kontrol di sektor perindustrian sehingga Kabupaten Probolinggo menjadi rumah bersama yang nyaman bagi pengusaha, buruh dan calon investor,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mempersilahkan pengurus Sarbumusi untuk melanjutkan proses yang dilakukan terkait dengan hak dan kewajiban buruh/pekerja khususnya di Kabupaten Probolinggo. Bagaimanapun juga stabilitas daerah harus dipentingkan dalam berinvestasi.

“Sarbumusi yang ada di tengah-tengah antara kepentingan pekerja dan kepentingan investor bersama-sama mengamankan kepentingannya. Apabila investor merasa nyaman, nantinya akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak di Kabupaten Probolinggo. Dengan munculnya banyak investor outputnya akan memberikan kemakmuran bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Terkait dengan kepengurusan Sarbumusi Kabupaten Probolinggo yang baru ini, Wabup Timbul menyampaikan selamat dan sukses bagi para pengurus Sarbumusi. “Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemerintah Daerah untuk menyejahterakan para pekerja di Kabupaten Probolinggo dan investor-investor yang ada di Kabupaten Probolinggo dapat menampung pekerja,” pungkasnya. (y0n)