Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Jelang Nataru, UPT Metrologi Legal Lakukan Pengawasan UTTP PUBBM SPBU

Jelang Nataru, UPT Metrologi Legal Lakukan Pengawasan UTTP PUBBM SPBU

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo melalui UPT Metrologi Legal melakukan pengawasan alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya (UTTP) Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak (PUBBM) SPBU di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Senin (18/12/2023) siang, pengawasan alat UTTP PUBBM ini dilakukan di SPBU 5467205 Kebonagung Kecamatan Kraksaan. Pengawasan ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto didampingi Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami dan Kepala UPT Metrologi Legal Diyah Setyo Rini.

Dalam kesempatan tersebut, petugas dari UPT Metrologi Legal melakukan pengujian 20 liter untuk masing-masing nozzle mulai dari Bio Solar, Dexlite, Pertamax hingga Pertalite. Untuk memastikan akurasi, pengujian dilakukan hingga 3 (tiga) kali untuk masing-masing nozzle.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan terhadap ketaatan. Mulai dari taat ukur, taat timbang dan taat pengusaha, salah satunya sekarang ini adalah SPBU.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pengawasan insidentil atau temporary atau pengawasan khusus menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 serta hari besar nasional,” katanya.

Menurut Taufik, pengawasan terhadap UTTP PUBBM di SPBU ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Tujuannya tetap memastikan perlindungan konsumen. Secara teknis ini bukan hanya pengawasan, tetapi bersifat pembinaan. Jadi nantinya akan diberikan apresiasi bagi pengusaha yang taat pada regulasi dan ketentuan serta membantu Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk tertib ukur.

“Hal ini akan memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan kepastian terhadap perlindungan konsumen. Kegiatan kami memberikan apresiasi bagi yang tertib dan juga akan memberikan teguran serta penindakan terhadap yang melanggar,” tegasnya.

Sementara Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan pengawasan terhadap PUBBM SPNU jelang Nataru 2024 ini dilakukan oleh UPT Metrologi Legal pada DKUPP Kabupaten Probolinggo terkait dengan keabsahan atau ketepatan dan kemanfaatan UTTP PUBBM di SPBU Kebonagung Kecamatan Kraksaan,

“Kami ingin memastikan bahwa semua pengusaha, utamanya ketika menjelang hari besar keagamaan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 berlaku jujur dan amanah. Sebab dalam momentum ini konsumsi BBM betul-betul meningkat,” katanya.

Pj Sekda Heri menegaskan dalam momentum Nataru 2024 tersebut, masyarakat ada jaminan bahwa hak-hak mereka untuk mendapatkan takaran yang sesuai dengan ketentuan sesuai dengan yang mereka keluarkan dan yang mereka bayarkan betul-betul dijamin dan dijaga.

“Pengusaha juga kita yakinkan bahwa ketika mereka juga bisa memberikan pelayanan sesuai dengan yang dibayarkan oleh masyarakat, Insya Allah mereka juga semakin dipercaya oleh masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Pj Sekda Heri berharap ke depan semua pengusaha pemilik UTTP di Kabupaten Probolinggo secara periodik sesuai dengan aturan ketentuan melakukan tera ulang.

“Semua ini dilakukan dalam rangka untuk menjamin keberlangsungan pelayanan kepada masyarakat dan untuk meyakinkan pengusaha. Insya Allah dengan jujur dan patuh pada metrologi, mereka akan semakin besar dan semakin dipercaya oleh masyarakat,” pungkasnya. (wan)