Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kesehatan > Inovasi Mbakyu Sahabat Bumil Puskesmas Tongas Tampil di Women’s Health Conference

Inovasi Mbakyu Sahabat Bumil Puskesmas Tongas Tampil di Women’s Health Conference

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Kepala Puskesmas Tongas Kabupaten Probolinggo Kurnia Ramadhani menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dari total 15 presenter yang tampil dari Women’s Health Conference.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Global Center for Asian Women’s Health (GloW), Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore pada tanggal 11 Nopember 2023 lalu, Nia memaparkan inovasi pendampingan kepada ibu hamil di wilayah krja Puskesmas Tongas berupa Mbakyu Sahabat Bumil.

Nia memberikan presentasi dalam kegiatan yang dihadiri oleh pakar dan peserta dari berbagai negara seperti Singapore, Malaysia, Filipina, USA, Abu Dhabi UEA, China, Denmark, Australia, Timor Leste dan Spanyol.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh kader terlatih dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai pentingnya tablet tambah darah dan asam folat dan dampaknya pada peningkatan kesehatan ibu dan bayi.

“Inovasi ini merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat dan pernah meraih juara 2 dalam Lomba Inovasi Daerah (Inoda) Kabupaten Probolinggo tahun 2023,” kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani, Jum’at (1/12/2023).

Nia menerangkan memaparkan inovasinya agar semakin banyak masyarakat yang peduli upaya penurunan kematian ibu dan bayi sehingga inovasi ini bisa menginspirasi dan diterapkan di tempat lainnya.

“Banyak yang saya dapatkan dari konferensi ini, bisa menimba ilmu kesehatan global terkini mengenai kesehatan ibu dan anak, makanan sehat dan nutrisi, penyakit tidak menular, peran tenaga kesehatan dan aktifitas fisik,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nia mengaku bertemu dengan para pemerhati yang juga sangat tertarik pada pemberdayaan kader dalam pembangunan kesehatan khususnya di daerah perdesaan.

“Salah satu kesimpulan pentingnya bahwa menyehatkan perempuan, berarti menyehatkan keluarga dan pada akhirnya menyehatkan masyarakat,”pungkasnya. (wan)