Monday, May 10, 2021
Depan > Kesehatan > Imunitas Faktor Utama Kesembuhan Pasien COVID-19

Imunitas Faktor Utama Kesembuhan Pasien COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Faktor yang mempengaruhi kesembuhan penderita COVID-19 utamanya adalah imunitas (kekebalan tubuh). Untuk meningkatkan imunitas, seseorang penderita COVID-19 tidak boleh stress, karena stres/psikologis sangat cepat menurunkan imunitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Rabu (2/9/2020). “Selanjutnya asupan gizi yang seimbang untuk mengoptimalkan kerja sistem daya tahan tubuh, diantaranya protein, karbohidrat, mikroprotein, vitamin dan minum air putih. Sehingga menu harian penderita COVID-19 di rumah karantina Kabupaten Probolinggo sangat diperhatikan,” katanya.

Beberapa tanaman herbal juga dapat dikonsumsi, terutama yang mengandung imunodulator antara lain kunyit dan temulawak yang mengandung antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan.

“Kemudian istirahat yang cukup, yaitu tidur berkualitas 6-8 jam. Melakukan 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak/melakukan isolasi, memakai masker) karena penderita COVID-19 dengan imunitas rendah sangat mudah terjadi reinfeksi (terinfeksi kembali oleh virus COVID-19),” jelasnya.

Penyakit penyerta yang terkontrol. “Bagi penderita COVID-19 yang memiliki komorbid (penyakit penyerta, misalnya kencing manis, darah tinggi, penyakit jantung, dan lain-lain) harus tetap rutin kontrol dan minum obat secara teratur,” tegasnya.

Selain itu tambah Dewi, olahraga secara teratur/aktivitas fisik dengan intensitas ringan sampai sedang, misalnya bersepeda (dengan tetap menjalankan protokol kesehatan). Tapi perlu diperhatikan jaga kondisi badan sebelum berolahraga, jika ada demam, gangguan nafas, jantung atau infeksi, sebaiknya ditunda dahulu. “Tingkatkan iman, dapat meningkatkan imunitas. Dan jangan lupa, wajib untuk bahagia,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal