Wednesday, April 21, 2021
Depan > Kesehatan > Hindari Penularan COVID-19 di Tempat Kerja

Hindari Penularan COVID-19 di Tempat Kerja

Reporter : Wahed Efendi
KRAKSAAN – Saat ini semakin banyak penambahan kasus dari penularan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo yang terjadi di tempat kerja. Oleh karena ada beberapa hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penularan tersebut.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengungkapkan untuk menghindari penularan COVID-19 di tempat kerja, hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya membersihkan tempat kerja secara berkala, sebelum dan setelah selesai melakukan pekerjaan. Gunakan cairan desinfektan, diamkan kurang lebih 5 menit, kemudian dilap kembali.

“Cuci tangan secra teratur. Gunakan sabun untuk mencuci tangan dan cucilah tangan selama 30 detik sesuai 6 langkah. Gunakan hand sanitizer saat tidak menemukan sabun. Tetapi jangan dijadikan bahan membersihkan tangan yang utama, setelah beberapa kali menggunakan sanitizer, sebaiknya segera cuci tangan dengan sabun,” jelasnya.

Selain itu jelas Dewi, jaga jarak, minimal 1,5 meter. Tidak melakukan kegiatan makan bersama saat berada di ruangan tertutup dan banyak orang, dimana penularan terbanyak yaitu saat jam istirahat (makan bersama) karena masker sering dilepas.

“Tidak melakukan sentuhan fisik, ganti jabat tangan dengan yamaste atau tos menggunakan siku. Rutin membersihkan handphone, karena virus dapat menempel berhari-hari di benda-benda yang mungkin sering tersentuh oleh tangan kita,” pungkasnya. (hed)

cww trust seal