Monday, February 26, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Himpaudi Kraksaan Gelar Lomba Mewarnai Mamamia

Himpaudi Kraksaan Gelar Lomba Mewarnai Mamamia

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Kraksaan menggelar “Lomba Mewarnai Mamamia” di KB Aminah Mukri Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan, Minggu (28/8/2022).

Lomba mewarnai Mamamia yang digelar dalam rangka untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan HUT ke-17 Himpaudi tahun 2022 ini dibuka dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh Ketua Himpaudi Kabupaten Probolinggo Siti Aisyah.

Kegiatan ini diikuti oleh 360 anak dari 37 lembaga PAUD Non Formal di Kecamatan Kraksaan bersama dengan ibu dan pendampingnya. Sehingga total secara keseluruhan mencapai 800 peserta. Nantinya diambil 6 nominasi terbaik yang akan mengikuti kegiatan serupa di tingkat Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan tarian Kiprah Glipang oleh Bunda PAUD, senam bersama Satu Jari dan Maumere. Semua peserta antusias dan sangat ceria serta senang mengikutinya.

Ketua Himpaudi Kecamatan Kraksaan Zaitun Nurah menyampaikan tema Mamamia dipilih karena memang tumpuan pendidikan yang pertama dan utama itulah orang tua. Disinilah pihaknya mengharapkan ketelatenan orang tua dengan anak membimbing dan melatih anak.

“Disinilah harapannya orang tua lebih telaten. Sebab orang tua itu bisa menstimulasi bagaimana anak itu dibentuk dengan orang tua sehingga orang tua harus berkolaborasi dengan lembaga pendidikan PAUD,” ujarnya.

Menurut Zaitun Nurah, dengan adanya keterlibatan orang tua maka apa yag menjadi visi dan misi lembaga dan cita-cita bangsa ini terutama PAUD sebagai pondasi itu akan betul-betul maksimal bisa tercapai. Sebab anak usia PAUD ini yang akan menjadi kado emas nanti kepada bangsa Indonesia.

“Karakteristik anak PAUD ini hanya fokusnya 10 menit dan selebihnya sudah tidak bisa fokus. Makanya disini hanya melihat bagaimana hasil karya yang dihasilkan itu 50% hasil anak dan 50% hasil dari ramuan orang tua. Jadi campur tangan orang tua nanti kelihatan,” jelasnya.

Zaitun Nurah menjelaskan peran orang tua itu sangat besar pada usia dini. Sebab apa yang ditangkap oleh anak adalah gambaran dari orang tua. Jadi ketika orang tua mendidik secara maksimal dengan baik, Insya Allah akan menghasilkan anak yang betul-betul berpotensi dan berkarakter.

“Kita berpsan kepada orang tua agar rangsang dan stimulus anak dengan hal-hal yang baik. Stop bicara negatif kepada anak dan terus dukung dengan ucapan-ucapan atau kalimat-kalimat-kalimat positif. Contohnya anak hebat anak sholat karena itu adalah bagian dari doa orang tua. Ketika anak itu distimulus dengan kalimat-kalimat positif itu nantinya pembentukan karakternya luar biasa,” tegasnya.

Sementara Ketua Himpaudi Kabupaten Probolinggo Siti Aisyah memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Himpaudi Kecamatan Kraksaan telah menggelar lomba mewarnai mamamia dengan lokasi yang lebih natural karena dekat dengan alam dan lingkungan melalui pemanfaatan sawah sehingga bisa menghirup udara bersih.

“Harapannya ke depan kami para orang tua lebih terus memberikan motivasi dan dukungaan pengasuhan dan pendidikan perkembangan anak usia dini sehingga tercipta anak-anak yang berkualias di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sedangkan Korwil Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikdaya) Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastuti mengatakan lomba yang digelar anak didik dan orang tua ini dilakukan untuk menumbuhkan kerjasama dan kolaborasi anak dan orang tua.

“Selamat kepada Himpaudi Kecamatan Kraksaan yang telah menggelar lomba mewarnai Mamamia. Semoga senantiasa menjadi pendidik yang tulus ikhlas, meneladani dan selalu bahagia dalam mengawal anak didik generasi bangsa yang bermartabat dan sukses. Semoga kekompakan dan persatuan selalu terjalin indah,” katanya.

Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri maka diperoleh 6 nominasi terbaik yang akan berlaga di tingkat Kabupaten Probolinggo. Yakni, KB Aisyah, SPS Intan, KBIT Permata, SPS Adinda, KB Aminah Mukri dan PAUD Zainul Anwar. (wan)