Thursday, July 29, 2021
Depan > Kesehatan > Hasil Uji Klinis, Vaksin Covid-19 Tanpa Efek Samping

Hasil Uji Klinis, Vaksin Covid-19 Tanpa Efek Samping

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan berbagai kandidat vaksin Covid-19 masih dalam pengembangan yang prosesnya dikawal dan diawasi ketat oleh badan BPOM untuk dipastikan keamanan dan keampuhan sebelum izin penggunaan dapat dikeluarkan.

“Kabar baiknya, beberapa hari lalu perusahaan Pfizer mengumumkan hasil sementara uji klinis fase III vaksin Covid-19 yang melibatkan lebih dari 43.000 orang. Efektivitas vaksin ini mencapai lebih dari 90% (paling baik sejauh ini), tanpa ada efek samping berarti. Kelemahannya, kapasitas produksi sangat terbatas dan harus disimpan dalam suhu -70°C,” katanya.

Menurut Dewi, dengan efektivitas 90% dan tanpa catatan efek samping yang berarti, temuan ini sangat menjanjikan. Namun tentu saja kita harus menunggu hasil uji klinis secepatnya untuk mengetahui bagaimana keamanan dan efektivitas yang sesungguhnya.

“Keberhasilan penanganan Covid-19 bergantung pada kerjasama elemen masyarakat dan pemerintah. Masyarakat disiplin 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan pakai sabun),” jelasnya.

Dewi menerangkan pemerintah fokus dalam pelaksanaan 3T (Tracing, Testing, Treatment) serta persiapan vaksinasi Covid-19. “Semoga vaksin Covid-19 yang aman dan efektif segera tersedia. Mari tetap konsisten menerapkan 3M,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal