Thursday, June 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Hasil Swab Sembilan Pasien Positif COVID-19 Masih Belum Keluar

Hasil Swab Sembilan Pasien Positif COVID-19 Masih Belum Keluar

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan sampai detik ini hasil swab Sembilan pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) yang sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan masih belum keluar.

“Untuk kondisi pasiennya sampai sekarang masih bagus dan sehat. Artinya, mereka semua sudah membaik dari hari ke hari. Harapannya semoga saja mereka bisa terus membaik,” katanya.

Menurut Anang, memang selama di rumah pengawasan ada kebosanan yang mereka alami, tetapi harus bagaimana lagi. Oleh karena itu petugas mencoba menghibur mereka dan mengajak komunikasi walaupun tidak jarak dekat.

“Artinya petugas berkomunikasi dan memberikan ketenangan serta kejelasan supaya mereka paham bahwa posisinya memang masih menunggu hasil swabnya sampai negatif,” terangnya.

Walaupun demikian terang Anang, mereka masih bisa berkomunikasi sehingga sebenarnya tidak terlalu stress. Mereka masih bisa komunikasi dengan keluarganya masing-masing melalui telp dan video call. Cuma mereka dilarang melakukan publikasi dan menyiarkan apapun yang ada di rumah pengawsan. Supaya tidak terjadi seperti dulu, ada informasi yang salah ternyata mereka masih di rumah isolasi bilang di luar.

“Kalau dikatakan stress dan bosan, tidak juga. Karena di tempat rumah pengawasan itu mereka nonton TV dan duduk. Mungkin bosan saja tidak bisa ngobrol dan bermain bebas. Tapi di rumah pemgawasan itu fasilitasnya cukup menghibur diri walaupun tidak ideal,” jelasnya.

Terkait dengan pelaksanaan rapid test masif di 24 kecamatan, Anang menambahkan semakin banyak yang dihasilkan dan sudah hampir keseluruhannya sudah bisa dirapid. Tapi ada beberapa kecamatan yang masih belum tuntas. Konsekuensinya semakin disiplin dan teliti maka akan menemukan hal-hal yang lebih banyak.

“Karena semakin teliti otomatis maka hasilnya akan kelihatan permasalahan-permasalahan yang ada. Tetapi tidak apa-apa, akhirnya kita bisa mengantipasi permasalahan apa yang ada. Kesimpulan kita harusnya menjadi perhatian buat masyarakat kalau ada keluarganya yang mudik mereka harus melaporkan ke satgas supaya dikarantina. Karena kalau karantina semakin dini maka permasalahan bisa segera diketahui sehingga bisa diantisipasi lebih awal,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal