Wednesday, October 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Hasil Karya Fotografer Mampu Tangkap Potensi Desa

Hasil Karya Fotografer Mampu Tangkap Potensi Desa

Reporter : Hendra Trisianto
KRUCIL – Pada penghujung puncak pagelaran One Village One Destination (OVOD) 2019 yang digelar bersama Festival Sunggi Susu, Sabtu (16/11/2019) pagi di Bumi Perkemahan Bermi Kecamatan Krucil, selain diumumkan pemenang OVOD juga diumumkan pemenang beberapa lomba sekaligus penyerahan hadiahnya.

Beberapa lomba tersebut diantaranya adalah Lomba Foto dan Video Off The Spot Desa Emas yang dilaksanakan beberapa waktu lalu serta lomba Foto on the spot Festival Sunggi Susu Krucil yang kesemuanya diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo.

Pada lomba Foto dan Video Off The Spot Desa Emas, pada kategori foto, pemenang pertama adalah karya Ulik Prasetyo dari Krucil yang mampu menggambarkan potensi susu sapi di Kecamatan Krucil dengan baik. Pemenang kedua diraih oleh Amri Hanif asal Kanigaran yang berhasil memotret potensi ikan asin di Kecamatan Dringu. Sedangkan pemenang ketiga diraih oleh Tino Nur Riyadi yang berhasil menampilkan Pantai Duta sebagai destinasi wisata keluarga.

Pada kategori video, pemenang pertama direbut oleh Hafidil Mustofa asal Tongas Kulon melalui karya berkualitas menampilkan potensi Desa Wonokerso Kecamatan Sumber. Kemudian Agung Sofian Juniarto warga Kecamatan Kanigaran keluar sebagai pemenang kedua melalui karya videonya menampilkan keindahan kebuh teh Desa Andungbiru Kecamatan Tiris. Dan juara ketiga diraih oleh Muhammad Munif, asal Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces yang berhasil memotret potensi Rawa Tirta sebagai keramba ikan.

Selanjutnya untuk lomba Foto on the spot Festival Sunggi Susu, hasilnya foto terbaik diraih oleh Ghozal Panji Subrata asal Perum Asabri A-28 Probolinggo dengan karya foto landscape lengkap dengan hamparan kebun kubis yang dihiasi oleh deretan ibu-ibu penyunggi susu.

Juara ke dua diraih oleh Ferry Hidayat asal Ketapang Probolinggo, dengan karya foto yang menyajikan deretan penyunggi susu melalui engle menarik dan unik. Dan juara ketiga diraih oleh Erwin Yuniaji asal Perum STI U-4 Sumbertaman Probolinggo. Hasil fotonya berhasil menarik dewan juri karena mampu menunjukkan identitas acara secara apik dan berkualitas.

Seusai menyerahkan hadiah dan penghargaan Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengapresiasi hasil karya peserta yang ternyata di luar ekspektasi. “Semua bagus, karya-karya yang dihasilkan sangat menonjol. Terutama bisa menangkap potensi desa-desa di Kabupaten Probolinggo hingga layak disebut Desa Emas,” jelasnya.

Selain itu mantan Camat Sukapura ini juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi fotografer-fotografer profesional yang turut mengikuti lomba Foto on the spot dan jumlahnya juga ternyata jauh melebihi ekspektasi panitia.

“Ternyata karya fotografer Probolinggo dan luar Probolinggo sangat luar biasa, kami berterima kasih kepada rekan-rekan atas partisipasinya dalam beberapa lomba yang telah kami adakan. Semoga hasil karya ini bisa mengangkat potensi luar biasa yang dimiliki desa di Kabupaten Probolinggo terutama sektor wisata,” pungkasnya.(dra)