Monday, September 27, 2021
Depan > Pemerintahan > Hasan Aminuddin Ikuti Zoom Meeting Hari Konstitusi dan HUT ke-76 MPR RI

Hasan Aminuddin Ikuti Zoom Meeting Hari Konstitusi dan HUT ke-76 MPR RI

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Jelang puncak peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI tahun 2021, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si mengikuti zoom meeting peringatan Hari Konstitusi RI dan Hari Ulang Tahun ke-76 MPR RI, Senin (16/8/2021) pagi di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Pada peringatan tersebut, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI terkait kinerja lembaga-lembaga Negara di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Kegiatan ini diawali dengan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021. Sidang ini dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AA La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyampaikan adanya krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa, kita hindari. Api memang membakar, tetapi juga menerangi. Kalau dapat terkendalikan, akan menginspirasi dan memotivasi.

“Selain itu juga menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan. Tentunya dalam situasi pandemi akan menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri dan menguatkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan,” katanya.

Pandemi Covid-19 telah memacu semua untuk berubah, mengembangkan cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan dan menerobos ketidakmungkinan.
“Kita dipaksa untuk membangun normalitas baru. Dengan memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman dan tidak membuat keramaian adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu. Bekerja dari rumah, belajar daring, pendidikan jarak jauh serta rapat dan sidang secara daring juga menjadi kebiasaan baru,” jelasnya.

Penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta juga mengalami peningkatan yang menggembirakan. Layanan kesehatan di banyak daerah bertambah cukup signifikan, baik dalam hal penambahan kapasitas tempat tidur maupun fasilitas pendukungnya. Yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja keras dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat dan tenaga kesehatan yang lain.

“Kemandirian industri obat, vaksin dan alat-alat kesehatan masih menjadi kelemahan serius yang harus kita pecahkan. Tetapi, pandemi telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan vaksin merah-putih dan juga oksigen untuk kesehatan. Ketersediaan dan keterjangkauan harga obat akan terus kita jamin dan tidak ada toleransi sedikit pun terhadap siapa pun yang mempermainkan misi kemanusiaan dan kebangsaan ini,” terangnya.

“Saya mengapresiasi para anggota MPR RI, dengan Program Empat Pilarnya, yang terus konsisten memperkokoh ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Agenda MPR untuk mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-pokok Haluan Negara juga perlu diapresiasi untuk melandasi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan lintas kepemimpinan,” tambahnya. (y0n)