Tuesday, October 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Halal Bihalal Boleh Dilakukan Sepanjang Tahun

Halal Bihalal Boleh Dilakukan Sepanjang Tahun

Reporter : Hendra Trisianto
GENDING – Tradisi halal bihalal di Indonesia pada umumnya dilaksanakan pada bulan hijriyah setiap sholat Idul Fitri. Namun boleh saja dilakukan sepanjang tahun karena tujuan dari halal bihalal adalah untuk menyambung tali silaturahim sesama umat Rasulullah Muhammad SAW.

Hal ini disampaikan oleh Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H Hasan Aminuddin, M.Si dalam tausiahnya saat menghadiri kegiatan halal bihalal dan tasyakuran peresmian Kantor BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Sebaung di Balai Desa Sebaung Kecamatan Gending, Sabtu (13/7/2019) malam.

“Halal bihalal selain bernilai ibadah juga mengajarkan kita khususnya yang muda sifat tawadhu kepada orang tua serta menghindarkan dari sifat bakhil. Inilah pendidikan moral yang terkandung dalam kegiatan halal bihalal ini,” ungkap suami Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari, SE ini.

Dalam kesempatan tersebut anggota Komisi VIII DPR RI ini juga berpesan kepada para orang tua agar seimbang dalam menyiapkan pendidikan anak sejak dini. Tidak hanya prioritas kecerdasan otak saja tapi juga cerdas secara akhlak. “Luntur dan hilangnya budaya sopan santun dan sifat tawadhu yang menjadi ciri khas umat muslim dan masyarakat Indonesia seharusnya menjadi keprihatinan bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut Hasan menyarankan kepada para orang tua yang kesehariannya sibuk bekerja agar memilih pendidikan berbasis pesantren menjadi bagi anak-anak yang mulai masuk bangku SMP. Hal ini dikarenakan pada usia belia ini adalah usia yang sangat rawan masuknya pengaruh-pengaruh negatif.

“Dalam dunia pendidikan saat ini generasi kita terlalu banyak dipacu dalam bidang akademis, namun tidak untuk pembelajaran agama, akhlak dan budi pekerti. Jadi tidak heran jika kecerdasan akal generasi baru saat ini melampaui keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT,” tegas Hasan Aminuddin.

Terkait dengan peresmian BUMDes Sebaung tersebut, Hasan Aminuddin berpesan agar jajaran pengurus didalamnya diisi orang-orang yang kompeten dan amanah. Karena agar keberadaan BUMDes bisa memberikan manfaat kepada masyarakat pelaksanaannya harus dikelola secara profesional oleh orang-orang yang mampu.

“Serahkan pengelolaannya kepada orang-orang yang ahli, karena sesungguhnya BUMDes memiliki manfaat yang luar biasa untuk penguatan ekonomi kerakyatan. Silahkan buka pelayanan simpan panjang asal dengan niatan untuk memerangi keberadaan para rentenir yang sangat merugikan,” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Forkopimka Gending, para tokoh agama dan masyarakat serta segenap elemen masyarakat. Tasyakuran dan peresmian tersebut dipungkasi oleh pemotongan nasi tumpeng oleh Hasan Aminuddin dan diserahkan kepada Misnaji selaku Pj Kepala Desa Sebaung. (dra)