Tuesday, February 27, 2024
Depan > Pendidikan > Guru Bahasa Inggris Daerah Terpencil Dilatih Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Artificial Intelligence

Guru Bahasa Inggris Daerah Terpencil Dilatih Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Artificial Intelligence

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Lembaga Pelatihan Kerja dan Kursus Bahasa Inggris The Beny English College dalam Program Teacher Professional Development berkolaborasi dengan Tiga Dosen Universitas Islam Malang terdiri dari Dzurriyatun Ni’mah, M. Faruq Ubaidillah dan Erfan Efendi sukses mengadakan pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Kabupaten Probolinggo pada Rabu (7/2/2024).

Pelatihan ini dilaksanakan di Madarasah Aliyah (MA).Miftahul Hasanah Desa Gondosuli Kecamatan Pakuniran.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Malang tahun anggaran 2023/2024.

Pelatihan yang diikuti oleh 10 peserta guru Bahasa Inggris yang mewakili 10 sekolah di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo dan lima siswa tersebut dibuka oleh Ketua Yayasan Ruhul Amin Ustadz Nawawi dan ditutup dengan do’a oleh Kepala Madarasah Aliyah Miftahul Hasanah, Ustadz Ahmad Kholid.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Ruhul Amin Ustadz Nawawi merasa terhormat karena sekolah di bawah yayasan yang dipimpinnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Artificial Intelligence.

“Alhamdulillah, kami merasa terhormat mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah pada acara kali ini. Semoga kegiatan ini berdampak banyak untuk peningkatan kemampuan mengajar para guru,” katanya.

Kegiatan tersebut diisi oleh dua narasumber utama pelatihan yaitu M. Faruq Ubaidillah yang merupakan dosen tetap FKIP UNISMA dan Erfan Efendi yang juga dosen Bahasa Inggris di FE UNISMA.

Dalam pemaparannya, kedua narasumber menjelaskan tentang perkembangan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk para guru serta mempraktikkan penggunaannya di kelas.

Para peserta terlihat bersemangat dalam mempraktikkan penggunaan AI untuk materi yang mereka akan ajarkan di kelas. Hal ini dibuktikan dari komentar salah satu peserta guru, Moh. Holili.

“Kegiatan ini sangat bagus karena siswa akan lebih mudah dalam memahami materi bahasa Inggris dan guru juga bisa lebih inovatif dalam pengajarannya,” ujar Holili.

Taufiqi selaku Ketua Komunitas Pacapa Bahasa Inggris mengatakan jika kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kompetensi guru.

Hal senada juga disampaikan Bapak Beny Hamdani selaku CEO The Beny English College Probolinggo. Menurutnya, pelatihan ini bagus untuk memotivasi para guru Bahasa Inggris untuk tetap terus berkarya.

“Kegiatan tersebut berdampak signifkan untuk meningkatkan wawasan dan praktik pembelajaran bahasa Inggris di era digital ini,” ungkapnya.

Untuk memberikan dampak yang lebih luas dan sesuai harapan para peserta untuk dilaksanakan pelatihan selanjutnya, pihak panitia juga telah menyiapkan kegiatan lanjutan terkait materi pelatihan yang akan dilaksanakan dalam waktu terdekat. (wan)