Thursday, January 28, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Gunakan Etika Bila Jenguk Bayi Baru Lahir Saat Pandemi COVID-19

Gunakan Etika Bila Jenguk Bayi Baru Lahir Saat Pandemi COVID-19

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan bayi merupakan kelompok yang rentan terhadap penyakit karena belum memiliki imunitas yang sempurna.

“Bila kita ingin menjenguk bayi yang baru lahir saat pandemi COVID-19, sebaiknya menggunakan etika sehingga tidak membuat bayi tersebut dapat tertular dari penjenguk,” katanya.

Menurut Dewi, etika menjenguk bayi yang baru lahir saat pandemi COVID-19 diantaranya, pahami kondisi bayi yang akan dijenguk. “Jika bayi tersebut merupakan bayi prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah, cacat bawaan atau bayi dalam kondisi kurang baik, sebaiknya urungkan niat untuk menjenguk karena bayi tersebut sangat rentan dan berisiko tinggi,” jelasnya.

Dewi menerangkan bayi baru lahir masih rentan terkena infeksi dalam 6 minggu pertama sejak lahir. Sebaiknya batasi kunjungan dalam waktu ini. Durasi kunjungan sebaiknya tidak lebih dari 10 menit dan jumlah pengunjung tidak lebih dari 3 orang dalam sehari.

“Tidak menyentuh atau mencium bayi, usahakan jarak aman lebih dari 1,5 meter. Setiap pengunjung diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan bayi,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal