Wednesday, April 21, 2021
Depan > Kesehatan > Golongan Darah Apapun Tetap Berisiko Terinfeksi Virus COVID-19

Golongan Darah Apapun Tetap Berisiko Terinfeksi Virus COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ilmu selalu berkembang setiap saat, beberapa penelitian memang membenarkan bahwa ada hubungan antara golongan darah dengan infeksi SARS CoV 2 (COVID-19).

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. Menurutnya, pada penelitian tersebut disebutkan bahwa golongan darah A berhubungan dengan meningkatnya risiko terinfeksi COVID-19 serta risiko terinfeksi COVID-19 lebih rendah pada golongan darah O.

“Risiko COVID-19 berat (intubasi) meningkat pada golongan darah B dan AB, rendah pada golongan darah A. Risiko kematian meningkat pada golongan darah AB, rendah pada A dan B. Risiko terinfeksi, COVID-19 berat dan kematian, rendah pada golongan darah Rhesus negatif. Risiko gagal nafas lebih tinggi pada golongan darah A dan rendah pada O,” katanya.

Sehingga jelas Dewi, golongan darah adalah salah satu faktor genetik yang kemungkinan berperan pada respon tubuh terhadap infeksi COVID-19. Meskipun demikian, faktor genetik bukan satu-satunya penentu respon imun. Masih ada faktor lain yang lebih berperan, yaitu faktor virus, manusia dan lingkungan.

“Intinya, golongan darah apapun tetap berisiko terinfeksi virus COVID-19. Tetap disiplin patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal