Depan > Kesehatan > Gejala Kulit Pada Covid-19 Dapat Diobati dan Bisa Sembuh

Gejala Kulit Pada Covid-19 Dapat Diobati dan Bisa Sembuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Beberapa saat hari kemarin, salah seorang artis Ibu kota memposting foto dirinya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan keluhan hanya gangguan pada kulit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa Covid-19 dapat menimbulkan gejala berupa gangguan pada kulit, tetapi bagaimana mekanismenya, masih dalam tahap penelitian.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica. “Gejalanya Covid-19 pada kulit tidak selalu muncul bintik-bintik kemerahan, masing-masing penderita mempunyai manifestasi gejala yang tidak sama, tergantung dari respon tubuh kita,” katanya.

Menurut Dewi, gejala Covid-19 yang terjadi pada kulit hampir serupa dengan gejala kulit yang disebabkan oleh virus yang lain. Misalnya seperti campak cacar, CMV, herpes, dan lain-lain.

“Gejala Covid-19 pada kulit antara lain ruam kemerahan yang luas seluruh tubuh seperti campak, bentol-bentol seperti biduran, lebam kebiruan diujung jari kaki, bintil dan lentingan kecil dengan dasar kemerahan yang tersebar, dan lain-lain,” jelasnya.

Tapi tidak perlu khawatir pinta Dewi, gejala kulit pada Covid-19 sebagian besar masih dapat diobati, sehingga masih bisa sembuh. Yang harus kita lakukan jika mempunyai gejala kulit disaat pandemi diantaranya pastikan apakah ada gejala lain khas Covid-19 yang menyertai?

“Pastikan apakah ada riwayat kontak erat. Pastikan apakah Anda bekerja pada wilayah dengan transmisi Covid-19 yang tinggi? Apakah memiliki riwayat alergi. Jika tidak yakin dan gejala berlanjut segera konsultasikan ke dokter. Selalu waspada dan cegah sedini mungkin dengan selalu menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (wan)