Depan > Kemasyarakatan > Gantikan Kiai Shihab, Achmad Muzammil Pimpin PCNU Kota Kraksaan

Gantikan Kiai Shihab, Achmad Muzammil Pimpin PCNU Kota Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – H. Achmad Muzammil akhirnya diberi amanah untuk menjadi Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan menggantikan KH Shihabuddin Sholeh yang wafat pada Selasa (5/7/2022) lalu.

Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat pleno pengurus PCNU Kota Kraksaan yang digelar pada Sabtu (16/7/2022). Rapat pleno ini dilakukan untuk menyikapi kekosongan Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan

Dalam rapat tersebut, H. Achmad Muzammil diberi amanat untuk menjadi Ketua PCNU Kota Kraksaan sebagai pengganti Kiai Shihab hingga masa kepengurusan PCNU Kota Kraksaan berakhir pada 2025 mendatang.

H. Achmad Muzammil manyampaikan kesanggupannya untuk mengemban amanah sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan. Namun demikian, Muzammil mengajak seluruh jajaran pengurus untuk lebih giat menjalankan amanah kepengurusan secara bersama-sama agar roda organisasi tetap berjalan optimal.

“Tentunya amanah ini sungguh berat sekali. Almarhum Kiai Shihab meninggalkan banyak kesan mendalam sebagai pribadi maupun aktivis organisasi. Keistiqomahan dan keaktifannya sangat luar biasa. Apa yang dilakukan Almarhum sulit ditiru oleh kebanyakan orang,” katanya.

Sementara Rais Syuriah PCNU Kota Kraksaan KH. Abdul Wasik Hannan mengatakan penetapan H. Achmad Muzammil sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan didasarkan pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NU Hasil Muktamar NU ke-34 di Lampung. Di dalamnya disebutkan, jika ketua berhalangan tetap, maka penggantinya adalah wakil ketua.

“Dalam kepengurusan PCNU Kota Kraksaan, ada beberapa wakil ketua. Sebelumnya, H. Achmad Muzammil ini posisinya adalah Wakil Ketua 1. Beliau wakil ketua paling atas urutannya. Dengan demikian, berdasarkan amanat AD/ART, H. Achmad Muzammil secara otomatis menjadi ketua,” ungkapnya.

Menurut Kiai Wasik, kinerja PCNU Kota Kraksaan dibawah kepemimpinan Kiai Shihab cukup bagus. Kiai Shihab dinilai aktif dalam menjalankan roda organisasi. Sejumlah program inovatif berhasil dijalankan.

“Kami berharap sekaligus mendoakan H. Achmad Muzammil lebih mampu lagi menunjukkan kinerja dalam memimpin PCNU Kota Kraksaan ke depan. Semoga bisa memikul amanah ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (wan)