Monday, July 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Era Keterbukaan, Hindari Berita Hoaks Terkait COVID-19

Era Keterbukaan, Hindari Berita Hoaks Terkait COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Era keterbukaan saat ini menjadikan semua orang dapat bersuara, namun harus disertai dengan tanggung jawab bahwa informasi yang disampaikan itu benar. Adanya berita bohong atau hoaks terkait COVID-19 di Kabupaten Probolinggo juga banyak ditemukan.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan Diskominfo dan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo berupaya untuk mencegah dampak akibat banyaknya hoaks tersebut, karena akan membuat masyarakat cemas, ketakutan dan disinformasi.

“Misalnya, masyarakat saat ini menjadi takut berobat ke puskesmas atau rumah sakit karena akan di COVID-kan, sehingga sekarang banyak pasien datang ke rumah sakit dalam kondisi yang sudah jelek dan akan menjadi sulit penanganannya,” katanya.

Dewi memberikan beberapa tips agar kita terhindar dari hoaks. Diantaranya cermati berita dan cek kebenarannya, jangan sampai kita jadi bahan olokan karena berita yang kita sebarkan ternyata tidak benar, perlu dicurigai jika judul beritanya provokatif, cek alamat situs/sumber beritanya, biasakanlah memposting konten yang dapat memotivasi orang yang membaca/melihatnya, dan jangan mudah tergoda untuk membagikan tautan/berita yang baru kita dapat.

“So, semudah itu kan?? Mari kita bijak bermedia sosial sehingga memberikan rasa aman, tentram dan nyaman bagi masyarakat ditengah maraknya hoaks tentang COVID-19 saat ini.
Salam sehat,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal