Friday, December 3, 2021
Depan > Pemerintahan > Empat Pimpinan DPRD Resmi Dilantik

Empat Pimpinan DPRD Resmi Dilantik

Reporter : Hendra Trisianto
PAJARAKAN – Empat pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono, Kamis (26/9/2019) siang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo ini dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 171.426/1312/011.2/2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Masa Jabatan 2019-2024 tanggal 23 September 2019.

Dalam SK Gubernur Jawa Timur tersebut, Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024 diputuskan, Andi Suryanto Wibowo dari Fraksi Partai NasDem sebagai Ketua, Lukman Hakim dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Wakil Ketua, Oka Mahendra Jati Kusuma dari Fraksi Partai Golkar sebagai Wakil Ketua dan Jon Junaidi dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono bersama keempat Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, jajaran Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo, pimpinan instansi vertikal, BUMD/BUMN di Kabupaten Probolinggo. Hadir pula Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dalam sambutannya mengharapkan semoga pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo ini menjadi awal bagi legislatif untuk bersama-sama berikhtiar dengan jajaran eksekutif dan segenap elemen masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam rangka membangun Kabupaten Probolinggo menuju Kabupaten Probolinggo yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur.

“Semoga pimpinan DPRD yang baru ini senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Tentunya baik antara legislatif dan eksekutif yang telah terjadi 5 tahun yang lalu bersama-sama dengan kepemimpinan HATI Jilid I mampu dilanjutkan menjadi hubungan yang lebih solid dan lebih baik untuk Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, Pimpinan DPRD mempunyai tanggung jawab moral yang luar biasa besar. Oleh karenanya, keempat manusia pilihan ini dimuliakan oleh Allah SWT dan bersama-sama mengingatkan pribadi dan seluruhnya agar mampu menjadi uswah bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Saya ingin mengingatkan pada diri saya pribadi dan seluruh anggota DPRD secara otomatis bapak dan ibu sekalian posisinya di mata masyarakat sudah terbiasa dengan sebelum dilantik menjadi anggota DPR telah menjadi tokoh masyarakat telah menjadi panutan masyarakat. Oleh karenanya sekali lagi penting kita menyadari itu dalam hal menjaga etika dan perasaan warga masyarakat khususnya konstitusinya,” jelasnya.

Bupati Tantri menegaskan, satu hal penting dan sederhana yang barangkali bisa menjadi pengingat sebelum menjadi anggota DPRD. Apa yang telah dilakukan sebelumnya dengan masyarakat, hendaknya dipertahankan supaya masyarakat Kabupaten Probolinggo merasa bahwa tidak ada sekat dan perbedaan mana itu pejabat, rakyat dan mana tokoh masyarakat. Semuanya sama dalam rangka semangat membangun Kabupaten Probolinggo.

“Sekali lagi selamat kepada Pimpinan DPRD yang baru saja dilantik, bersama-sama dengan eksekutif mari kita wujudkan pemerintahan dan pembangunan yang lebih masif kepada masyarakat menuju Kabupaten Probolinggo yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan, setelah pelantikan pimpinan definitif, DPRD Kabupaten Probolinggo bakal tancap gas untuk membentuk alat kelengkapan DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2019-2024. “Kami akan mulai melakukan pembahasan pembentukan alat kelengkapan DPRD Kabupaten Probolinggo,” ujarnya. (dra)