Thursday, September 23, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Dukung PPKM Darurat, Kelurahan Kraksaan Wetan Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Bagi Masyarakat

Dukung PPKM Darurat, Kelurahan Kraksaan Wetan Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Bagi Masyarakat

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Kelurahan Kraksaan Wetan Kecamatan Kraksaan membagikan hand sanitizer dan masker bagi pedagang dan pembeli yang ada di Pasar Kojuk Kelurahan Kraksaan Wetan, Selasa (6/7/2021) pagi.

Sejak pukul 05.00 WIB, tim yang dipimpin oleh Lurah Kraksaan Wetan Elshinta Nabellah ini sudah berada di Pasar Kojuk. Setiap bedak dan pedagang diberikan satu botol ukuran 85 ml hand sanitizer. Sementara pedagang dan penjual yang tidak memakai masker langsung diberikan masker secara gratis.

Untuk kegiatan ini, Kelurahan Kraksaan Wetan membagikan sedikitnya 200 botol hand sanitizer ukuran 85 ml dan 10 box masker masing-masing berisi 50 buah sehingga totalnya mencapai 500 buah masker medis yang diberikan kepada pedagang maupun pembeli di Pasar Kojuk.

Lurah Kraksaan Wetan Elshinta Nabellah mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk memaksimalkan PPKM Mikro yang dicanangkan pemerintah sehingga masyarakat tahu bahwa protokol kesehatan itu harus dilaksanakan setiap harinya secara rutin tidak hanya di dalam rumah tetapi juga di luar rumah.

“Seperti halnya di Pasar Kojuk, pedagang dan pembeli harus tahu bahwa bahwa menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas merupakan sebuah kewajiban yang harus mereka lakukan agar terhindar dari Covid-19,” katanya.

Bella, sapaan akrab Elshinta Nabellah menerangkan kegiatan ini bertujuan agar masyarakat lebih paham bahwa protokol kesehatan itu sangat penting dilakukan, khususnya oleh pedagang maupun pembeli Pasar Kojuk.

“Ternyata masih banyak yang tidak melaksanakan protokol kesehatan. Memakai masker yang hanya digantungkan didagu. Bahkan ada yang memang tidak memakai masker. Jadi mereka masuk ke pasar dan melakukan transaksi tanpa memakai masker. Mereka tidak tahu membawa virus Covid-19 atau tidak. Oleh karenanya kami memberikan masker dan hand sanitizer bagi mereka,” jelasnya.

Terkait dengan keberadaan PPKM Mikro di Kelurahan Kraksaan Wetan, Bella menegaskan bahwa pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menginformasikan kepada RT/RW setiap program pemerintah dan RT/RW sangat mendukung sekali.

“Alhamdulillah warga sangat aktif melaporkan untuk warganya terjadi sesuatu maupun ada pendatang dibantu lagi ada portal yang kami bangun untuk warga setiap gang sehingga mereka lebih mudah untuk memantau pergerakan warga mereka sendiri di setiap RT/RW,” terangnya.

Bella berharap agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M dengan baik, apalagi sebentar lagi sudah masuk bulan besar yang biasanya akan banyak kegiatan hajatan besar seperti pernikahan dan lain sebagainya. Diharapkan untuk kegiatan tersebut benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan tidak lebih dari 30 orang yang hadir serta tidak ada makan di lokasi.

“Jadi makanannya itu harus dikotaki satu-satu dan dibawakan pulang serta menerapkan protokol kesehatan. Semua itu harus dilaksanakan dengan baik walaupun hajatan tersebut berlangsung sehingga Covid-19 tidak menyebar di Kelurahan Kraksaan Wetan,” jelasnya.

Lebih lanjut Bella mengharapkan kepada warga masyarakat agar tetap sehat serta tetap menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. “Badan yang sehat berasal dari jiwa yang sehat. Jiwa yang sehat berasal dari diri sendiri yang sehat. Apabila kita bisa menjaga diri sendiri dengan baik, maka kita bisa menjaga keluarga dan lingkungan sekitar,” pungkasnya. (wan)