Wednesday, September 22, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPUPR Sosialisasikan Pemanfaatan Tanah Negara

DPUPR Sosialisasikan Pemanfaatan Tanah Negara

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Sebagai bentuk implementasi dari program Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi pemanfaatan tanah negara tahun 2020.

Sasaran dari kegiatan ini adalah 7 (tujuh) Korwil Pengelolaan Jalan dan SDA meliputi Korwil Paiton, Besuk, Krejengan, Sebaung, Pekalen, Probolinggo dan Sumberasih. Masing-masing korwil diikuti oleh 17 orang dari unsur pemanfaat tanah negara dan juru pengairan.

Senin (20/7/2020), sosialisasi pemanfaatan tanah negara ini dilaksanakan di Kantor Korwil Pengelolaan Jalan dan SDA Krejengan. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang SDA DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengky Cahyo Saputro ini dihadiri narasumber Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan SDA DPUPR Kabupaten Probolinggo Ria Lutvi Diarini.

Pelaksanaan sosialisasi pemanfaatan tanah negara ini tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Diantaranya semua peserta memakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak aman dan tidak kontak fisik.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang aset negara yang dimanfaatkan masyarakat sehingga bisa saling menjaga.

“Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya bisa tertib dalam pemanfaatan tanah negara, tidak ada lagi bangunan-bangunan liar yang berdiri di atas semapadan sungai dan sempadan jaringan irigasi serta adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Tindak lanjut dari kegiatan ini akan dilakukan monitoring dan evaluasi pemanfaatan tanah negara oleh petugas di lapangan. “Tujuannya sebagai pengendalian agar pelanggaran pemanfaatan tanah negara dapat ditekan sedini dan sedikit mungkin,” pungkasnya. (wan)