Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DPUPR Berikan Pelatihan Operator Laboratorium Pengujian Konstruksi

DPUPR Berikan Pelatihan Operator Laboratorium Pengujian Konstruksi

Reporter : Syamsul Akbar
MALANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan operator laboratorium pengujian konstruksi di Laboratorium Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional Malang, Senin hingga Rabu (19-21/2/2024) dan Senin hingga Rabu (26-28/2/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh Operator Laboratorium Pengujian Konstruksi pada DPUPR Kabupaten Probolinggo. Selama pelatihan mereka mendapatkan materi pengenalan laboratorium pengujian konstruksi. pengujian material konstruksi (beton, agregat, aspal, dan lain-lain), sistem manajemen mutu laboratorium, keamanan dan kesehatan kerja di laboratorium serta praktek pengujian laboratorium oleh Dosen Fakultas Teknik Sipil ITN Malang dan Praktisi dari Laboratorium Pengujian Konstruksi.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra melalui Kepala Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan Ruli Nasrullah mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan operator laboratorium pengujian konstruksi DPUPR Kabupaten Probolinggo dalam melakukan pengujian material konstruksi.

“Selain itu, meningkatkan kualitas hasil pengujian laboratorium untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Probolinggo serta memperkuat kerjasama antara DPUPR Kabupaten Probolinggo dan Institut Teknologi Nasional Malang dalam bidang pengujian konstruksi,” katanya.

Ruli menerangkan pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan operator dalam melakukan pengujian material konstruksi dan meningkatkan kualitas hasil pengujian laboratorium. “Serta memperkuat kerjasama antara DPUPR Kabupaten Probolinggo dan ITN Malang,” jelasnya.

Menurut Ruli, operator yang terlatih dan kompeten akan menghasilkan pengujian yang lebih akurat dan terpercaya. Hal ini penting untuk memastikan kualitas material konstruksi yang digunakan dalam pembangunan infrastruktur. Hasil pengujian yang akurat akan membantu DPUPR dalam mengambil keputusan terkait pembangunan infrastruktur.

“Material konstruksi yang berkualitas akan menghasilkan infrastruktur yang kokoh dan tahan lama. Hal ini penting untuk keselamatan masyarakat dan menghindari kerusakan infrastruktur yang dapat menyebabkan kerugian ekonomi. Pelatihan operator laboratorium ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Lebih lanjut Ruli menambahkan pelatihan ini merupakan bentuk kerjasama antara DPUPR Kabupaten Probolinggo dan ITN Malang. Kerjasama ini dapat meningkatkan sinergi antara akademisi dan praktisi dalam bidang pengujian konstruksi. Kerjasama ini juga dapat membuka peluang untuk kerjasama lain di masa depan.

“Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi operator laboratorium untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Hal ini penting untuk meningkatkan daya saing SDM di Kabupaten Probolinggo. Operator yang terlatih dan kompeten akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan karir mereka,” tegasnya.

Ruli menjelaskan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan memerlukan pengujian material konstruksi yang akurat dan terpercaya. Pelatihan operator laboratorium ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Probolinggo.

“Pelatihan operator laboratorium pengujian konstruksi DPUPR Kabupaten Probolinggo di Fakultas Teknik Sipil ITN Malang memiliki banyak manfaat. Antara lain meningkatkan kualitas hasil pengujian laboratorium, meningkatkan mutu pembangunan infrastruktur, memperkuat kerjasama antar lembaga, meningkatkan kapasitas SDM dan mendukung pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Dikatakan Ruli, pelatihan ini dapat membantu DPUPR Kabupaten Probolinggo untuk menghemat biaya dan waktu dalam pengujian material. Operator yang terlatih dapat membantu DPUPR Kabupaten Probolinggo untuk memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh pemerintah. “Pelatihan ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan masyarakat terhadap DPUPR Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)