Thursday, July 29, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPPKB Berikan Pelatihan Kewirausahaan Perempuan dan Keluarga

DPPKB Berikan Pelatihan Kewirausahaan Perempuan dan Keluarga

Reporter : Mujiono
DRINGU – Dalam rangka memperingati Hari Ibu dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan kewirausahaan perempuan dan keluarga cooking class and coffee class, Selasa (10/12/2019) di aula Lila Catering Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu.

Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono ini dihadiri oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono.

Poin penting atas terselenggaranya kegiatan ini adalah memberikan pembinaan dan pelatihan potensi usaha ekonomi kaum perempuan dengan prioritas para korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), kepala keluarga perempuan dan perempuan rentan ekonomi. Momentum ini merupakan sebuah hal yang strategis dan penting untuk meningkatkan kemampuan perempuan di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Pengurus Forum Puspa (Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Cahaya Hati Kabupaten Probolinggo, Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA), Koordinator PLKB se-Kabupaten Probolinggo, Kader Pokja Kampung KB serta Tim Fashion Batik Dewi Rengganis Kecamatan Krejengan.

Pelatihan ini dibimbing narasumber Ketua Asosiasi Kopi Kabupaten Probolinggo H. Zulmi Noor Hasani, Eksekutif Chef PT. POMI Paiton Chef Hamidullah, Manager Metro Coffee Barista Agus Doyok dan Tim Fashion Batik Dewi Rengganis Kecamatan Krejengan.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peran dan kedudukan kaum perempuan di Kabupaten Probollinggo dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran sertanya baik peran pribadi, mandiri maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan serta kemandirian ekonomi perempuan.

“Perempuan sangatlah penting berperan dalam menumbuhkan keluarga dan memberdayakan ekonomi perempuan melalui membangun kewirausahaan perempuan sebagai salah satu solusi untuk menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan. Perempuan juga berperan dalam peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak, pencegahan perkawinan anak dan pencegahan pekerja anak,” katanya. (y0n)

cww trust seal