Monday, May 10, 2021
Depan > Pemerintahan > DPMPTSP Terima Penghargaan Zona Integritas Kategori Wilayah Bebas Korupsi

DPMPTSP Terima Penghargaan Zona Integritas Kategori Wilayah Bebas Korupsi

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo menerima penghargaan Zona Integritas dengan kategori Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Penghargaan ini diberikan secara virtual pada kegiatan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM (Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) 2020 dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020, Senin (21/12/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2020 dilaksanakan di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono didampingi Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi, Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani, Kepala Organisasi Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS serta perwakilan Inspektorat dan Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo.

Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM 2020 ini diserahkan secara simbolis oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahjo Kumolo didampingi Ketua KPK RI Firli Bahuri.

Penyerahan penghargaan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2020 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin secara virtual. Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyampaikan ucapan selamat kepada semua yang berhasil mendapatkan penghargaan Zona Integritas dengan predikat WBK/WBBM 2020.

“Semoga prestasi ini terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi yang lainnya bagi unit kerja yang belum berhasil memperoleh predikat WBK dan WBBM. Saya minta agar terus berbenah diri dan berupaya untuk mengejar ketertinggalan dan membenahi segala kekurangan,” katanya.

Sekda Soeparwiyono didampingi Asisten Administrasi Umum Mahbub Zunaidi, Kepala DPMPTSP Kristiana Ruliani dan undangan lain menerima penghargaan Zona Integritas Kategori Wilayah Bebas Korupsi secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan ucapan selamat kepada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Probolinggo atas anugerah menerima penghargaan Zona Integritas menuju WBK. “Ini merupakan sebuah langkah dan agen perubahan yang bisa dicontoh untuk OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lain,” ujarnya.

Menurut Sekda Soeparwiyono, selaku ASN adalah sebagai pelayan masyarakat, sehingga bisa memberikan pelayanan yang baik dan bebas korupsi. Harapan ke depannya bisa menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Jadi tidak ada pungutan macam-macam dan sebagainya, kecuali memang diatur dengan perundang-undangan.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Dinas Penanaman Modal dan PTSP. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh OPD yang lainnya sebagai agen perubahan untuk menuju kebaikan pemerintahan ke depan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani mengaku sangat bersyukur karena DPMPTSP Kabupaten Probolinggo mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pembangunan Zona Integritas menuju WBK.

“Penghargaan ini terasa sangat membanggakan karena DPMPTSP Kabupaten Probolinggo merupakan satu-satunya dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan Zona Integritas menuju WBK,” ungkapnya.

Kristiana Ruliani menegaskan ini merupakan suatu tantangan dan tentunya komitmen serta konsistensi dari DPMPTSP Kabupaten Probolinggo untuk melaksanakan 6 (enam) area perubahan di dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju WBK. “Insya Allah akan kita istiqomahkan dalam setiap kegiatan dan setiap pelaksanaan tugas dalam rangka melayani masyarakat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal