Thursday, July 29, 2021
Depan > Pemerintahan > DPMD Sosialisasikan Program Jalin Matra

DPMD Sosialisasikan Program Jalin Matra

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program penanggulangan kemiskinan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra), Kamis (2/5/2019) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang peserta terdiri dari unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Kasi Perekonomian Kecamatan, Kepala Desa dan Bendahara Desa Penerima Bantuan, Tim Pelaksana Kegiatan Desa Penerima Bantuan dan Ketua BUMDes Penerima Bantuan.

Sosialisasi yang dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Supriadi ini dihadiri narasumber Sekretaris DPMD Provinsi Jawa Timur Achmad Robiul Fuad dan Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro.

Sekretaris DPMD Provinsi Jawa Timur Achmad Robiul Fuad mengungkapkan Program Jalin Matra adalah salah satu program untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi bersama. Yaitu, kemiskinan dan IPM. Program Jalin Matra sebagai bentuk kontribusi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung Program PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan), Program RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) dan Program PK2 (Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan).

“Program Jalin Matra ini dilakukan untuk mendorong motivasi berusaha agar mempunyai usaha produktif demi peningkatan aset usaha atau pendapatan keluarga dalam rangka meningkatkan pendapatan RTS (Rumah Tangga Sasaran) penerima bantuan Program Jalin Matra,” katanya.

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Supriadi mengharapkan sosialisasi Jalin Matra Kabupaten Probolinggo ini bisa menjadi bekal bagi pendamping yang merupakan langkah awal dimulainya program PFK di masing-masing desa. “Harapannya pendamping bisa menjalankan tugas, pokok dan fungsinya selaku fasilitator dan melakukan pengawalan terhadap program maupun bagi penerima program,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat pada DPMD Kabupaten Probolinggo Puja Kurniawan mengharapkan pemerintah desa dapat menjalankan program kegiatan ini sesuai dengan pedoman umum pelaksanaan program Jalin Matra tahun 2019 yang sudah diberikan.

“Pada pelaksanaannya melibatkan semua unsur masyarakat dan calon penerima bantuan dalam penentuan kebutuhan yang dibutuhkan dan memberdayakan para pendamping program Jalin Matra mulai dari perencanaan sampai pelaporannya,” katanya. (y0n)

cww trust seal