Sunday, September 26, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPKH-PT KAI Probolinggo Gelar Koordinasi Pengiriman Produk Hewan

DPKH-PT KAI Probolinggo Gelar Koordinasi Pengiriman Produk Hewan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan koordinasi pengiriman produk hewan dengan PT KAI Probolinggo, Rabu (25/9/2019).

Koordinasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan penjaminan pangan asal hewan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), khususnya pengiriman produk hewan antar provinsi dari Kabupaten Probolinggo dengan tujuan Provinsi Jawa Barat yang dikirim melalui jasa transportasi kereta api.

Kegiatan ini melibatkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Yukti Widiatmaningsih didampingi Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto dan petugas dari Dinas Pertanian Kota Probolinggo. Koordinasi kali ini diterima langsung oleh Pimpinan PT KAI Probolinggo Andhika.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan serta Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) RI Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Sertivikasi NKV (Nomor Kontrol Veteriner) dan Unit Usaha Pangan asal Hewan).

Kepala Stasiun PT KAI Probolinggo Andika menyambut baik kedatangan tim dari DPKH Kabupaten Probolinggo dan Dinas Pertanian Kota Probolinggo. “Saya berharap kegiatan koordinasi dan kerjasama semcam ini bisa terus dilakukan secara berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo M. Sidik WIdjanarko melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi.

“Selain itu juga untuk menyampaikan dan mensosialisasikan peraturan perundang-undangan terkait produk hewan. Sekaligus menjalin kerja sama dalam pertukaran data dan informasi khususnya produk hewan di masa yang akan datang,” katanya.

Sidik menyampaikan bahwa pelaku usaha saat mengirimkan produk hewan seyogyanya juga disertai dengan persyaratan administrasi yang diamanahkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan adanya silaturahim dengan PT KAI Probolinggo ini kami mengharapkan adanya pertukaran informasi dan data. Diharapkan pelaku usaha yang bergerak di pengiriman produk hewan lintas provinsi/pulau dari Kabupaten Probolinggo bisa di monitoring dan diberikan pembinaan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. (y0n)