Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo Resmi Dikukuhkan

DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo Resmi Dikukuhkan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Probolinggo periode 2023 – 2028 resmi dikukuhkan di Ballroom Bromo Park Hotel Probolinggo, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto dan para Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Pada prosesi pelaksanaan pengukuhan, para calon pengurus secara resmi dikukuhkan sebagai pengurus DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo dan melantik Kepala Desa Sumberlele Supriyanto sebagai Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo oleh Ketua DPD PAPDESI Jawa Timur Jurianto Bambang Siswanto

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD PAPDESI Jawa Timur Jurianto Bambang Siswanto menyerahkan Surat Keputusan (SK) dan penyerahan Pataka Panji Kebesaran PAPDESI kepada Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo Supriyanto. Dilanjutkan dengan penyematan PIN PAPDESI oleh Ketua DPP PAPDESI Wargiati kepada Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo Supriyanto.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko menjelaskan PAPDESI adalah wadah terhimpunnya kepala desa beserta segenap perangkat desa, sekaligus merupakan organisasi profesi yang berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu, setiap anggota hendaknya memiliki semangat dan daya juang yang tinggi dalam membangun daerah karya nyata di lingkungan pemerintah desa masing-masing.

“Kemajuan pembangunan desa sangat dipengaruhi oleh profesionalitas dan kompetensi aparatur pemerintah desa. Oleh karena itu, aparatur pemerintah desa hendaknya memiliki semangat berinovasi serta mampu menggali potensi yang ada di desa agar supaya nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Lebih lanjut Wabup Timbul mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo yang telah dikukuhkan. “Semoga dapat menjalankan amanah sekaligus memberikan tauladan dalam menjalankan tugas sehari-hari,” harapnya.

Sementara Ketua DPD PAPDESI Jawa Timur Jurianto Bambang Siswanto menambahkan ke depannya bangkit bersama-sama membangun desanya dan tunjukkan kepada masyarakat dengan menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Sebagai Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Probolinggo harus benar-benar mensejahterakan masyarakat desa. Harapannya, PAPDESI Kabupaten Probolinggo harus mendukung penuh kebijakan dan juga program-program Bupati Probolinggo,” ujarnya.

Sedangkan Ketua DPP PAPDESI Wargiati menegaskan Kabupaten Probolinggo sebagai ruang besar dan PAPDESI adalah rumah besar untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat desa dan aparatur desa.

“Intinya, jabatan kepengurusan hanya sebagai cara untuk mempermudah berkomunikasi serta memperjuangkan aspirasi para anggota. Tentunya sebagai pengurus PAPDESI bersama-sama berjuang dan harus kompak demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. (y0n)