Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DLH Kerja Bakti Bersihkan Sampah Sungai Paiton

DLH Kerja Bakti Bersihkan Sampah Sungai Paiton

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo bersama dengan Komunitas Bank Sampah dan relawan se-Kabupaten Probolinggo mengadakan kerja bakti bersih-bersih sampah dengan tema “Kerja Bakti Bagi Bumi”, Minggu (27/10/2019) pagi.

Kegiatan yang dimulai pukul 06.30 WIB ini difokuskan di TPS Pasar Lama Paiton dan sekitarnya. Kerja bakti ini diikuti oleh sekitar 350 orang berasal dari anggota Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo, Forkopimka Paiton, pelajar sekolah Adiwiyata dan masyarakat sekitar.

Kerja bakti ini dihadiri oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Zaenal Ansori, Camat Paiton Roby Siswanto, CSR PT POMI Paiton Energy serta Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo Muhammad Azis.

“Kerja bakti bersih-bersih sampah sungai ini dilakukan karena kami melihat banyak terjadi pembuangan sampah liar di daerah Paiton, khususnya di sekitar sungai. Oleh karena itu, kami bersama-sama dengan Bank Sampah dan PT POMI Paiton Energy bergerak untuk menangani sampah yang terdapat di sekitar sungai dan pasar lama Paiton,” kata Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Zaenal Ansori.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komunitas Bank Sampah Kabupaten Probolinggo Muhammad Azis ini menyampaikan materi tentang bahaya sampah plastik. Sekaligus dibagikan doorprice berupa tumbler gratis kepada para relawan.

Menurut Zaenal, seharusnya masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan bukan di pinggir sungai. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perlu ditingkatkan. Sebab kebersihan itu demi kesehatan generasi penerus mendatang.

“Jika saat ini lingkungannya sudah tidak bersih, bagaimana dengan masa depan anak cucu kita. Melalui aksi bersih-bersih sampah ini harapannya mampu memotivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ke depan kita akan terus bersama-sama menyelesaikan permasalahan sampah. Semoga masyarakat tergerak untuk menciptakan kebersihan sungai demi masa depan anak cucu kita bersama,” pungkasnya.

Dari hasil kerja bakti tersebut, sampah yang terkumpul sebanyak 4 ton. Selanjutnya sampah tersebut dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik akan diproses menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Seboro Kecamatan Krejengan. (wan)