Monday, April 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DKUPP Berikan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk Bagi Usaha Mikro

DKUPP Berikan Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk Bagi Usaha Mikro

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan peningkatan kualitas produk bagi usaha mikro di Kampoeng Kita Hotel & Resto Desa Condong Kecamatan Gading, Rabu hingga Jum’at (12-14/10/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 20 pelaku usaha mikro dari UKM makanan, minuman dan handycraft di wilayah Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan, pelaku usaha mikro ini mendapatkan materi dari Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) Wilayah Jawa Timur.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Muda Supami mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mikro betapa pentingnya kualitas produk.

“Selain itu, produk pelaku usaha mikro bisa bersaing kompetitif dengan produk lain, menghasilkan produk berkualitas dan diminati konsumen serta pelaku usaha memahami bagaimana strategi produksi efektif dan kompetitif,” katanya.

Supami menjelaskan keberadaan usaha mikro memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. “Untuk menghadapi persaingan perdagangan global yang semakin ketat diharapkan UKM bisa meningkatkan kinerja dan kualitas produknya,” jelasnya.

Kepada pelaku usaha mikro Supami meminta agar senantiasa berupaya optimal untuk meningkatkan kualitas produknya termasuk desain dan kemasannya supaya memiliki nilai jual yang tinggi.

“Sehingga dalam melakukan pemasarannya tidak hanya dilakukan secara konvensional atau bersifat kebiasaan saja, akan tetapi juga dapat dilakukan secara online. Semoga dengan pelatihan peningkatan kualitas produk bagi usaha mikro ini bisa memberikan manfaat dan motivasi untuk bisa lebih maju,” pungkasnya. (wan)