Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kesehatan > Ditemukan Varian Virus B.1.1.7, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Ditemukan Varian Virus B.1.1.7, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Di Indonesia saat ini telah ditemukan varian virus baru. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengumumkan 2 kasus virus varian baru Sars CoV-2 varian B.117 yang pertama kali ditemukan di Inggris yang telah menyebar di berbagai negara.

“Penemuan 2 kasus di Indonesia tersebut, didapatkan dari hasil pemeriksaan terhadap 462 sampel dengan metode Whole Genom Sequenze (WGS). Provinsi yang banyak diambil sampelnya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten dan DI Yogyakarta,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Dikabarkan dari beberapa penelitian jelas Dewi, varian baru ini lebih cepat menular, meningkatkan risiko perburukan gejala dan kematian. “Namun ada juga beberapa studi yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan keparahan/dirawat di rumah sakit dan kematian antara varian B.1.1.7 jika dibandingkan dengan mutasi virus lainnya,” jelasnya.

Menurut Dewi, penelitian masih terus dilakukan, informasi akan terus diperbaharui seiring dengan perkembangan penelitian terbaru. “Tetap patuhi protokol kesehatan dengan penerapan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Membatasi mobilitas dan interaksi) dan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) plus vaksinasi,” pungkasnya. (wan)