Wednesday, December 1, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Disporaparbud Berikan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Disporaparbud Berikan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan pengelolaan desa wisata di ruang pertemuan Hotel Bromo Permai Kecamatan Sukapura, Senin hingga Rabu (25-27/10/2021).

Pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari kelompok sadar wisata dan BUMDes Randutatah, Ngadisari, Dungun, Gili Ketapang, Bermi, Guyangan, Wonokerso, Lumbang, Pantai Klasik dan Segaran. Sebagai narasumber berasal dari Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Asosiasi Desa Wisata Indonesia dan East Java Ecotourism Forum (EJEF).

Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Nurrahman mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelolaan desa wisata agar lebih professional dan berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Pelatihan ini diselenggarakan dengan metode 50% penyampaian materi, 20% diskusi dan kerja kelompok serta 30% kunjungan lapangan. Dalam pelatihan ini juga dilakukan kunjungan lapangan pada Hari Selasa tanggal 26 Oktober 2021 ke Desa Wonokerso Kecamatan Sumber,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan saat ini di Kabupaten Probolinggo sudah ada sebanyak 29 desa wisata yang sudah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Probolinggo. “Ke depan akan kami upayakan untuk bisa menambah jumlah desa wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Sugeng, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia memberikan pelatihan desa wisata setiap tahun. “Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini pengelolaan desa wisata bisa lebih professional dan berkualitas sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan,” harapnya. (wan)