Tuesday, June 25, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Disporapar Berikan Sosialisasi Pemuda Pelopor Tahun 2024

Disporapar Berikan Sosialisasi Pemuda Pelopor Tahun 2024

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi pemuda pelopor tahun 2024 di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Senin hingga Rabu (13-15/5/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh pemuda berusia 16 hingga 30 tahun sebanyak 270 orang yang dibagi dalam 3 (tiga) gelombang. Gelombang 1 diikuti 90 orang dari Kecamatan Sukapura, Sumber, Lumbang, Kuripan, Wonomerto, Bantaran, Tongas dan Sumberasih, gelombang 2 diikuti 90 orang dari Kecamatan Tegalsiwalan, Banyuanyar, Leces, Maron, Tiris, Krucil, Gending dan Dringu serta gelombang 3 diikuti 90 orang dari Kecamatan Gading, Pajarakan, Kraksaan, Krejengan, Besuk, Paiton, Kotaanyar dan Pakuniran.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari Dispora Provinsi Jawa Timur, Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo dan Pemuda Pelopor Terbaik Tingkat Nasional tahun 2015 asal Kecamatan Paiton atas nama Rahmat Yogi Samanta dengan inovasi teknologi di bidang pangan.

Kegiatan ini digelar dalam rangka sosialisasi program pemuda pelopor di Kabupaten Probolinggo, meningkatnya kepesertaan dalam seleksi pemuda pelopor baik di tingkat regional maupun Nasional serta meningkatkan potensi kepeloporan pemuda dalam berbagai bidang berbasis isu-isu strategis dan sumberdaya local.

Plt Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Bambang Heriwahjudi melalui Kepala Bidang Kepemudaan Umi Setyowati mengatakan sosialisasi pemuda pelopor ini diselenggarakan sebagai upaya untuk menggelorakan semangat kepeloporan pemuda serta mewujudkan pemuda yang memiliki potensi kepeloporan.

“Selain itu, mewujudkan pemuda yang berkemampuan merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah serta mengikutsertakan pemuda pelopor yang ada di Kabupaten Probolinggo dalam ajang pemilihan pemuda pelopor di tingkat provinsi dan Nasional,” katanya.

Umi meyakini bahwa pemuda di Kabupaten Probolinggo memiliki kemampuan untuk menjadi pemuda pelopor dan memiliki kepeloporan di bidang masing-masing meliputi pendidikan, seni budaya, pengelolaan Sumber Daya Alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi.

“Seleksi Pemuda Pelopor di Tingkat Kabupaten Probolinggo dilaksanakan setiap tahun oleh Bidang Kepemudaan Disporapar Kabupaten Probolinggo sampai dengan tahun 2022. Untuk tahun 2023 dan 2024 tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan anggaran. Semoga ke depan Disporapar Kabupaten Probolinggo dapat mengadakan lagi Seleksi Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)