Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Disporapar Berikan Pelatihan Meningkatkan Daya Tarik Bisnis

Disporapar Berikan Pelatihan Meningkatkan Daya Tarik Bisnis

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan meningkatkan daya tarik bisnis melalui kreatifitas fotografi produk di Kampoeng Kita Hotel & Resto Desa Condong Kecamatan Gading, Kamis dan Jum’at (1-2/12/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto ini diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari anggota Gerakan Masyarakat Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kabupaten Probolinggo dan Bromo Creative Forum (BCF) Probolinggo.

Selama pelatihan mereka mendapatkan materi fotografi dasar, presentasi produk, foto produk dan marketing digital dari narasumber APFI (Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia) dan ICCN (Indonesia Creative City Network) Malang dan Probolinggo.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disporapar Kabupaten Probolinggo Dian Cahyo Prabowo mengungkapkan pelatihan meningkatkan daya tarik bisnis melalui kreatifitas fotografi produk ini diselenggarakan dengan metode 50% penyampaian materi, 20% diskusi dan 30% praktek.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pelaku pada sub sektor fotografi agar dapat meningkatkan pengetahuannya khususnya dalam berkreasi memfoto produk,” ujarnya.

Sementara Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan peran foto produk bagi dunia pemasaran dan bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam hal pemasaran dan menjadi ujung tombak dalam mempromosikan suatu produk.

“Untuk mencapai tujuan tersebut maka Pemerintah Daerah meningkatkan kapasitas dan kemampuan personil melalui pelatihan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing pelaku sub sektor fotografi dalam berkreasi,” katanya.

“Melalui pelatihan ini para peserta dapat mengambil ilmu dan menerapkan ilmunya terlebih lagi jika dapat mempromosikan produk UMKM di Kabupaten Probolinggo beserta obyek wisata atau destinasi yang tersebar luas dan memiliki daya tarik yang beragam pula,” pungkasnya. (wan)