Friday, December 3, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Dispersip Segera Lakukan Pendampingan Pengelolaan Arsip OPD

Dispersip Segera Lakukan Pendampingan Pengelolaan Arsip OPD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo akan segera melakukan pendampingan pengelolaan arsip OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo tahun 2020.

Untuk tahap awal kegiatan pendampingan akan difokuskan pada 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo mulai 26 Pebruari hingga 12 Maret 2020. Sedangkan OPD akan dibuatkan jadwal lebih lanjut.

Sebagai langkah awal dalam kegiatan tersebut dengan melakukan rapat persiapan bersama seluruh OPD di ruang Pustakaloka Kantor Dispersip Kabupaten Probolingggo, Senin (24/2/2020). Kegiatan ini diikuti oleh 70 orang Kasubag Umum dan Kepegawaian dari 24 kecamatan dan 66 OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kasi Arsip Dinamis Dispersip Kabupaten Probolinggo Sri Astuti mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi tentang pelaksanaan kegiatan pendampingan. “Serta memberikan pemahaman tentang tata cara kelola arsip OPD,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Endang Astuti mengatakan sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan, maka Dispersip Kabupaten Probolinggo sebagai lembaga kearsipan daerah mempunyai kewajiban dalam pembinaan dan pengelolaan arsip Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Untuk itu di tahun anggaran 2020, kami akan melaksanakan kegiatan pendampingan pengelolaan arsip OPD dengan tujuan mewujudkan tata kelola arsip OPD sesuai standar yang berlaku sehingga memudahkan pencairan kembali arsip yang dibutuhkan,” katanya.

Menurut Endang, rapat persiapan pendampingan pengelolaan arsip OPD ini bertujuan melakukan koordinasi tentang pelaksanaan pendampingan, penyiapan tenaga/pengelola arsip pada OPD yang akan didampingi dan memberikan pemahaman tata kelola arsip.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan pendampingan pengelolaan arsip OPD akan memberi semangat kepada seluruh OPD untuk lebih giat dan tertib dalam mengelola arsip di wilayah kerja masing-masing sehingga arsip dapat terkelola sesuai standar yang berlaku,” harapnya. (wan)