Friday, December 3, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Dispersip Gelar Rapat Persiapan Lomba Pengelolaan Arsip OPD

Dispersip Gelar Rapat Persiapan Lomba Pengelolaan Arsip OPD

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat persiapan lomba pengelolaan arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten Probolinggo tahun 2019, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 65 orang peserta dari Kasubag Umum Kepegawaian dari OPD se-Kabupaten Probolinggo, termasuk 24 kecamatan dan perusahaan daerah di Kabupaten Probolinggo.

“Program Pengelolaan Arsip Daerah ini dimaksudkan untuk melakukan penilaian terhadap peran dan optimalisasi penyelenggaraan kearsipan OPD yang dikemas dalam bentuk Lomba Pengelolaan Arsip OPD,” kata Kasi Arsip Dinamis Dispersip Kabupaten Probolinggo Sri Astutik

Tutik menerangkan tahapan lomba pengelolaan arsip OPD ini diawali dengan rapat persiapan. Kemudian dilanjutkan dengan pengembalian formulir penilaian lomba pada 2 hingga 7 Agustus 2019. Selanjutnya dilakukan uji petik kepada 10 OPD dengan nilai tertinggi pada 12 hingga 23 Agustus 2019. Terakhir pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba pada 26 Agustus 2019. “Indikator penilaian lomba meliputi pelaksanaan tata kearsipan, sarana dan prasarana kearsipan, SDM kearsipan, dukungan pimpinan serta program inovasi,” jelasnya.

Sementara Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti mengatakan dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan sebagaimana diamanahkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 09 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan, maka penyelenggaraan kearsipan yang meliputi kebijakan kearsipan, pembinaan, pengelolaan dan penyelamatan arsip harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal, sarana dan prasarana serta sumber daya lainnya.

“Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mendorong peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo bermaksud melakukan penilaian terhadap peran dan optimalisasi penyelenggaraan kearsipan OPD di wilayah Kabupaten Probolinggo yang dikemas dalam bentuk lomba pengelolaan arsip OPD di wilayah Kabupaten Probolinggo tahun 2019,” katanya.

Menurut Endang, lomba pengelolaan arsip ini bertujuan mewujudkan terciptanya dan ketersediaan arsip di seluruh OPD dengan baik, benar, autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah serta menjamin keselamatan dan keamanan arsip OPD sebagai bukti pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan OPD.

“Selain itu, meningkatkan kualitas layanan dalam bidang informasi dan kearsipan. Sekaligus meningkatkan semangat pengelola arsip dalam penataan arsip sehingga memudahkan pencarian kembali arsip yang dibutuhkan. Harapan kami semua OPD dapat mengikuti lomba ini, karena dengan adanya lomba pengelolaan arsip akan memberi semangat kepada seluruh OPD untuk lebih giat dan tertib dalam mengelola arsip di wilayah kerja masing-masing, sehingga arsip dapat tertata rapi dan benar sesuai standart yang ada,” harapnya. (dra)