Wednesday, August 4, 2021
Depan > Pendidikan > Dispendik Serahkan Surat Tugas Penilik Tahun 2021

Dispendik Serahkan Surat Tugas Penilik Tahun 2021

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menyerahkan surat tugas Penilik Kabupaten Probolinggo tahun 2021 sekaligus pisah sambut Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo, Senin (1/2/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Penilik di Kabupaten Probolinggo ini dihadiri Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili, pejabat lama yang menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Besuk Sunalis serta Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo.

Sunalis mengucapkan terima kasih atas support dan sportifitas Penilik dalam tugas pengendalian mutu dan evaluaai dampak program PAUD, PNF. Kekurangan Penilik masih menjadi catatan penting bagi Bidang Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo. “Terus kita upayakan untuk dipenuhi secara bertahap tentunya oleh Ibu Kabid yang baru bersama Kasi PTK PAUD, PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sehubungan dengan tugas barunya sebagai Sekretaris Kecamatan Besuk, Sunalis memohon maaf apabila selama menjabat sebagai Kepala Bidang Ketenagaan ada kekurangan, kesalahan dan belum maksimal melayani Penilik, khususnya yang berkaitan dengan kenaikan pangkat dan lain sebagainya.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Yunita Nur Laili menyampaikan perkenalan, karena sebagian besar masih belum kenal dengan Penilik se-Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap dukungan Bapak dan Ibu Penilik dalam menjalankan tugas-tugas kedinasan, khususnya Bidang PAUD, PNF. Apalagi saya masih tergolong masih baru,” katanya.

Terhadap kekurangan Penilik dari 24 kecamatan yang hanya ada 18 Penilik, Yunita mengharapkan kerjasama yang baik dan optimal, terutama bagi Penilik yang diberi amanah tugas rangkap. Tetap semangat menjaga kesehatan dan selalu koordinasi bilamana ada hal-hal yang perlu penyelesaian secara teknis di lapangan.

“Namun demikian sangat diharapkan Penilik menjadi motivator dan aktif ikut serta dalam kegiatan pencegahan Covid-19 dengan taat mematuhi protokol kesehatan, menjadi contoh yang baik, menyertakan guru-guru PAUD serta memastikan BDR berjalan sesuai ketentuan yang ada,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo menyampaikan program pembinaan PTK PAUD PNF tahun 2021. Penilik inovatif sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak harus memiliki knowledge, skill dan attitude.

“Knowledge meliputi bisa memahami visi, misi dan filosofi program PNF, memahami kualitas produk/jasa yang harus diwujudkan dan memahami profil institusi binaannya. Skill meliputi komunikai dan negosiasi, mendengar dan mencerna dan membangun hubungan. Attitude meliputi jujur, berempati, cepat tanggap dan suka membantu,” ungkapnya.

Massajo menerangkan peran Penilik dan Pengawas TK dalam support program PTK PAUD, PNF 2021 diantaranya support data, informasi dan akses (hasil analisa SWOT-POAC), koordinasi lintas sektor dan pihak lainnya di kecamatan masing-masing, pembinaan dan pengendalian program, fasilitasi, mediasi dan solusi teknis serta pelaporan dan RTL. (wan)

cww trust seal