Sunday, June 20, 2021
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Bimtek Program Hidup Bersih dan Sehat

Dispendik Gelar Bimtek Program Hidup Bersih dan Sehat

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) program hidup bersih dan sehat di aula Dispendik Kabupaten Probolinggo, Senin (22/2/2021).

Kegiatan ini difokuskan kepada lembaga yang sudah memiliki UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) di 6 lembaga SD, 1 lembaga SLB dan 3 lembaga MI di Kabupaten Probolinggo. Bentuk dukungan dari SNV untuk School Of Five berupa serangkaian pendekatan dan aktifitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran melalui media (komik, video, poster), penguatan dan reward untuk menuju perubahan perilaku.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi mengatakan SNV Netherlands Development Organisation adalah lembaga pembangunan non-profit internasional yang mendorong perubahan berkelanjutan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan membantu mereka meningkatkan pendapatan dan mengakses layanan dasar.

“Melalai Program HBCC (Higynies & Behaviour Change Coalition) bertujuan memperkuat dan menyesuaikan pesan-pesan promosi Covid-19 di wilayah dampingan, memastikan segmentasi yang sesuai dengan tempat sasaran di sekolah/madrasah, puskesmas, pasar tradisional, terminal dan stasiun,” katanya.

Menurut Rozi, SNV merancang program yang bertujuan akhir meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan diri untuk mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dan kebersihan lingkungan bagi kelompok sasaran.

“Selain itu, menyesuaikan dan memvalidasi pesan dan kegiatan promosi yang dapat direplikasi oleh mitra lokal (pemerintah daerah, organisasi lokal, komunitas remaja, kelompok representatif) serta didiseminasi oleh pemerintah pusat dan provinsi untuk dampak yang lebih luas,” jelasnya.

Rozi menerangkan pelatihan guru pada program Koalisi Komunikasi Perubahan Perilaku di sekolah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang program HBCC di sekolah, meningkatkan keterampilan guru UKS/M dalam memfasilitasi program HBCC di sekolah serta menyusun rencana tindak lanjut untuk program HBCC di sekolah.

“Kegiatan pelatihan Five Of Schol ini agar diterapkan di sekolah dengan sasaran siswa sekolah SD dan MI, guru serta keterlibatan orang tua dan mempunyai tujuan akhir meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan diri untuk mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dan kebersihan lingkungan bagi kelompok sasaran,” terangnya.

Lebih lanjut Rozi menerangkan kegiatan ini akan ditindak lanjuti di sekolah masing-masing antara lain pelatihan dokter cilik, pelatihan petugas kebersihan di sekolah, awareness, comitmrn, award, webinar komite sekolah dan lomba kreatifitas sekolah.

“Mudah-mudahan semua sekolah yang menjadi sasaran program bisa menjalankan proses tersebut dengan baik dan lancar, sebagai bentuk dukungan untuk perubahan perilaku dan kebersihan di sekolah dalam upaya tanggap Covid-19 dan pencegahan terhadap penyakit menular lainnya,” harapnya. (wan)

cww trust seal