Monday, May 20, 2024
Depan > Pendidikan > Dispendik Berikan Pelatihan Untuk Guru SBDP Guna Pengembangan Lifeskill Bagi Siswa

Dispendik Berikan Pelatihan Untuk Guru SBDP Guna Pengembangan Lifeskill Bagi Siswa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan untuk guru SBDP guna pengembangan lifeskill bagi siswa di SDN Semampir 1 Kecamatan Kraksaan, Senin dan Selasa (8-9/11/2021).

Kegiatan untuk memberikan pelatihan penyusunan kurikulum muatan lokal pendidikan dasar ini diikuti oleh 72 guru dari 24 korwil (koordinator wilayah) bidang pendidikan se-Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan hadir sebagai narasumber dari unsur Pengawas. Yakni, Suwanto dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tegalsiwalan dan Siti Husnul Hotimah dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Dringu.

“Puluhan guru ini dilatih mengembangkan pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar bagi siswa guna meningkatkan ketrampilan/lifeskill sebagai bekal setelah terjun di masyarakat,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Like Lidyawati.

Menurut Like, banyak inovasi dan ketrampilan yang dipamerkan dalam kegiatan pelatihan tersebut. Tujuannya saling berbagi contoh lifeskill yang disajikan oleh masing-masing guru di sekolahnya dan di dispo di tempat pelatihan untuk dipamerkan dan saling kunjung karya. “Sekaligus memberikan komentar dan pendapat apik bagi karya yang dikunjungi. Hal ini untuk perbaikan ke depannya dan bisa sebagai ajang refleksi untuk lebih baik lagi,” tegasnya.

Like menegaskan pelatihan untuk guru SBDP ini diperlukan untuk memberikan ketrampilan dalam rangka pengembangan lifeskill dan kecakapan hidup untuk bekal masa depan peserta didik.

“Siswa penting diajak untuk mengembangkan ketrampilan dan potensi yang ada pada dirinya sehingga akan bermunculan karya dan seni kreasi dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)