Depan > Kemasyarakatan > Disnaker Berikan Sosialisasi Tata Cara Pemberitahuan dan Pelaporan PHK

Disnaker Berikan Sosialisasi Tata Cara Pemberitahuan dan Pelaporan PHK

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi tata cara pemberitahuan dan pelaporan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Selasa (26/7/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Disnaker Kabupaten Probolinggo dan BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten Probolinggo.

Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti surat dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Disnaker Provinsi Jawa Timur sesuai amanah Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat dan Pemutusan Hubungan Kerja.

“Saya akan menyampaikan data terkait data perusahaan yang sudah tutup antara lain tahun 2020 PT Balsa Bantaran, tahun 2021 PT Victory Panel Gending serta tahun 2022 PT Ami Wood Leces, PT Suryajaya Abadi Perkasa Sumberasih. Perusahaan yang berhenti sementara produksi PT Dura Surya Gending, PT Dharma Sukses Niaga Malasan dan PT Prima Sejahtera International Dua Leces,” katanya.

Doddy menerangkan salah satu perusahaan yang telah memberikan laporan secara tertulis tentang pemberitahuan kepailitan perusahaan adalah PT Suryajaya Abadi Perkasa. Harapannya, perusahaan tersebut berkewajiban memberikan laporan tertulis terkait kepailitan perusahaan maupun laporan PHK.

“Keterlambatan laporan tersebut kami memahami dikarenakan dampak Covid-19 yang sangat mempengaruhi kelangsungan aktifitas perusahaan. Atas dasar kepatuhan setiap perusahaan terhadap peraturan yang berlaku maka setiap perusahaan mempunyai kewajiban melaporkan pemutusan hubungan kerja/PHK ke Disnaker Kabupaten Probolinggo sesuai format laporan Pemutusan Hubungan Kerja,” pungkasnya. (wan)