Monday, May 20, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Sosialisasikan Kegiatan Peningkatan Pelayanan Dokumen Kapal

Diskan Sosialisasikan Kegiatan Peningkatan Pelayanan Dokumen Kapal

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi kegiatan peningkatan pelayanan dokumen kapal di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih, Senin (18/3/2019). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari unsur nelayan yang memiliki kapal kurang dari 5 GT (Gross Tonnage) di Desa Gili Ketapang Kecamatan Sumberasih.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Wahid Noor Azis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada nelayan tentang prosedur pengurusan dokumen kapal perikanan.

“Hal ini penting karena selama ini masih minim masyarakat nelayan kecil yang memiliki dokumen kapal. Oleh karena itu kami berinisiatif jemput bola nantinya akan dibantu segala sesuatunya dengan bersinergi dengan penyuluh perikanan di Kecamatan Sumberasih, sehingga bisa terealisasi dokumen kapal dengan tujuan masyarakat nelayan selalu tenang menangkap ikan di laut karena dokumennya sudah lengkap,” ujarnya.

Menurut Wahid, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah dan menetapkan SOP (Standart Operasional Prosedur) layanan dokumen kapal, khususnya bagi para nelayan kecil.

“Kepemilikan dokumen kapal ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat nelayan kecil. Salah satunya kapal yang mereka miliki sudah mempunyai dokumen yang lengkap tentang status kepemilikan kapal. Dengan kata lain, kapalnya sudah bukan kapal illegal, sehingga begitu ada razia sudah bisa tenang dan nyaman dalam mencari ikan di laut,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini Wahid mengharapkan masyarakat khususnya nelayan kecil sadar untuk memiliki dokumen kapal. “Sekaligus mengetahui SOP pelayanan dokumen kapal di Kabupaten Probolinggo. Dengan demikian melakukan pengurusan kepemilikan dokumen kapal sesuai dengan prosedur yang berlaku,” harapnya.

Selama kegiatan para nelayan mendapatkan materi dari narasumber diantaranya Kepala Bidang Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis dengan materi sistematika pelayanan dokumen kapal sistem jemput bola. Maksudnya untuk meningkatkan jumlah dokumen kapal perikanan yang berukuran kurang dari 5 GT.

Selanjutnya Kasatpolairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno dengan materi pemberlakuan tindakan pengawasan terhadap kapal nelayan di laut dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo Herman Yulianto dengan materi prosedural pembuatan pas kecil dan surat keselamatan berlayar. (wan)