Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan

Diskan Berikan Pelatihan Diversifikasi Pengolahan Hasil Perikanan

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan di Balai Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan pada Selasa (5 /3/2024)

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang yang berasal dari Desa Penambangan Kecamatan Pajarakan. Mereka diajari pembuatan abon dan dendeng ikan tongkol oleh narasumber yang berasal dari SMKN 1 Dringu.

Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan Diskan Kabupaten Probolinggo Muhammad Sigit Pujotomo menyampaikan pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan ini merupakan usulan dari Pemerintah Desa Penambangan yang diajukan melalui mekanisme Musrenbang baik dari tingkat desa sampai kabupaten.

“Usulan yang ditujukan kepada Dinas Perikanan kemudian dianggarkan melalui kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil dengan sub kegiatan pelaksanaan bimbingan dan penerapan persyaratan atau standar pada usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro dan kecil,” ujarnya.

Sementara Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal keterampilan pembuatan abon dan dendeng ikan kepada masyarakat Desa Penambangan agar dapat memanfaatkan potensi yang ada di desanya.

“Dengan demikian diharapkan mampu meningkatkan peluang ekonomi serta menambah pendapatan keluarga. Selain itu menambah motivasi agar kelak dalam memulai usaha pengolahan ikan agar para peserta pelatihan tekun dan sabar serta menjalankan dengan ikhlas agar usahanya menjadi barokah,” pungkasnya. (wan)