Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Dishub Lakukan Survey Lokasi Revitalisasi Traffic Light Kandangjati

Dishub Lakukan Survey Lokasi Revitalisasi Traffic Light Kandangjati

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo melakukan survey lokasi revitalisasi traffic light Kandangjati Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Jum’at (7/6/2024).

Revitalisasi traffic light ini dilakukan untuk menindaklanjuti banyaknya aduan dari masyarakat terkait kesemrawutan lalu lintas di simpang empat Kandangjati Kecamatan Kraksaan.

Survey Lokasi revitalisasi traffic light Kandangjati ini melibatkan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Windardi, Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Sigit Wida Hartono, Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Sukito serta rekanan pelaksana revitalisasi traffic light Kandangjati.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto melalui Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Sigit Wida Hartono mengatakan revitalisasi traffic light Kandangjati ini dilakukan karena banyaknya aduan dari masyarakat pengguna jalan, terutama yang dari arah utara dan selatan sering tidak mendapatkan kesempatan menyeberang karena terhalang kendaraan dari timur dan barat.

“Menurut pantauan kami, penyebab utamanya adalah pelanggaran pengendara. Meskipun traffic light sudah menyala merah, tetapi tetap menerobos sehingga kendaraan dari utara dan selatan tidak mendapatkan kesempatan,” katanya.

Setelah banyaknya aduan itu, Dishub menggelar rapat koordinasi (rakor) melalui Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan mengundang berbagai instansi terkait seperti Satlantas Polres Probolinggo, PPK Balai Besar Jalan Nasional, Jasa Marga dan pihak lainnya.

“Hasil dari rapat koordinasi tersebut akhirnya dibuat sebuah kajian untuk merevitalisasi traffic light Kandangjati. Setelah kajian selesai, Bidang Sarana Prasarana bersama dengan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor dan rekanan melaksanakan survei lokasi untuk melihat langsung kondisi di lapangan,” jelasnya.

Menurut Sigit, pihaknya menyertakan UPT Pengujian Kendaraan Bermotor karena banyak kendaraan-kendaraan besar yang akan dan setelah melaksanakan pengujian KIR melewati lokasi tersebut. Sehingga pihaknya mengetahui posisi yang pas agar kendaraan-kendaraan besar tidak kesulitan nanti kedepannya.

“Hari ini kita laksanakan survei agar hasil kajiannya bisa lebih matang sehingga hasilnya maksimal. Semoga revitalisasi traffic light Kandangjati ini kedepan berjalan lancar dan hak para pengguna jalan bisa didapatkan secara adil,” tegasnya.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar saling menghargai pengguna jalan lain dengan tidak menerobos dan melanggar traffic light. Hilangkan budaya-budaya melanggar aturan. Mari patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan kita bersama,” pungkasnya. (wan)